Cat Anti Corona? Simak Fakta dan Cara Kerjanya Disini!

Jihan Rienita . June 17, 2022

Avitex Anti Virus. Foto: Liputan6.com/SulungLahitani


Teknologi.id – Semenjak pandemi Covid-19 melanda khususnya di Indonesia, banyak sekali kelompok produsen dari berbagai macam industri yang mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru untuk membantu berkontribusi dalam mengatasi kasus Covid-19 yang kian semakin mengkhawatirkan. Salah satunya adalah dari produsen cat yang ikut menciptakan cat anti virus corona. Cat ini dibuat dengan kandungan bahan aktif yang diklaim mampu melawan virus dan bahkan menghentikan pertumbuhannya sehingga bisa mencegah penyebaran berlanjut. 

Dari sekian banyak produsen cat di Indonesia, Avian merupakan salah satu produsen yang belum lama ini merilis brand cat terbarunya, ‘Avitex Anti Virus’ yang diklaim memiliki kelebihan yaitu mampu membunuh sebanyak 10 bakteri dan 3 virus, satu diantaranya adalah virus Covid-19 dan bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menjadi penyebab penyakit TBC. 

Baca juga: Rumah Tumbuh: Konsep Berkelanjutan yang Terukur

Selain itu, produk ini juga dikonfirmasi bisa membunuh berbagai virus serta bakteri yang menempel pada dinding karena kandungan dua zat aktif pada cat yang diberi nama Power Health Technology.

Seperti yang kita ketahui bahwa dinding rumah merupakan tempat paling rawan disinggahi bakteri maupun virus. Bagian ini juga merupakan badan rumah yang paling besar dibandingkan badan rumah lainnya dan paling sering tersentuh sehingga apabila kondisinya tidak bersih maka akan sangat rentan bagi siapapun yang menempati rumah untuk terjangkit berbagai macam penyakit karena penyebaran yang mudah. Oleh karena itu, cat tembok Avitex Anti Virus ini hadir untuk menghentikan penyebaran penyakit yang bisa menular melalui sentuhan pada dinding.

Kecanggihan teknologi pada cat ini telah dibuktikan melewati serangkaian tes uji coba dan sudah tersertifikasi oleh banyak lembaga medis seperti Analytical Lab Group (ALG) Amerika Serikat, JIS (Japanese Industrial Standard), Green Label Singapore, dan Universitas Airlangga Surabaya, Tropical Disease Diagnostic Center (TDDC). Salah satunya juga ada TDDC Universitas Airlangga yang disebut-sebut sudah melakukan uji coba secara langsung menggunakan cat Avitex Anti Virus ini dan membuktikan keampuhannya dalam membunuh bakteri dan virus Covid-19 sejak satu jam diaplikasikan hingga lima tahun, bahkan lebih lama. 

Baca juga: PetaNetra, Satu-satunya di Indonesia yang Diundang ke WWDC 2022!

"Selama catnya masih utuh, tidak mengelupas, masih efektif," ujar Angelica Tanisia Jozar-Director Research, Development & Innovation Avian Brand dalam acara peluncuran cat anti virus corona di Jakarta, Kamis (16/6), (Dikutip dari CNN Indonesia).

Cara kerja pada cat anti virus ini adalah dengan bahan-bahan aktif yang secara bersamaan akan menghancurkan DNA/RNA virus dan bakteri serta mematikan perkembangbiakan yang bisa menyebabkan penularan setelah tembok dilapisi oleh cat. 

Avian sendiri bukanlah produsen cat pertama yang menghadirkan teknologi cat anti virus. Faktanya, pada tahun 2020, Nippon Paint sudah terlebih dahulu meluncurkan cat yang juga memiliki teknologi anti virus dan diklaim mampu membunuh virus corona.

(JR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

1 Komentar