5 Tren Bahasa Pemrograman yang Wajib Dikuasai 2022

Muhammad Mufid Luthfi . March 29, 2022

Bahasa pemrograman adalah sekumpulan perintah yang ditujukan untuk komputer, agar komputer tersebut mampu melaksanakan instruksi sesuai tujuan yang kita inginkan. Sesuai namanya, bahasa pemrograman kebanyakan digunakan dalam proses pembuatan dan pengembangan sebuah software. 

Sebagai seorang programmer, menguasai bahasa pemrograman adalah sebuah skill yang wajib Anda miliki. Namun, saat ini ada banyak sekali pilihan bahasa pemrograman yang tersedia untuk berbagai fungsi. Apa saja bahasa pemrograman yang harus dipelajari? Berikut penjelasan lengkapnya. 

5 Bahasa Pemrograman yang Wajib Dikuasai 2022 

Meniti karir di industri teknologi berarti harus selalu siap menghadapi perkembangan yang cepat. Karena itu, Anda yang berminat menjadi seorang developer harus mengetahui juga apa saja bahasa pemrograman yang sedang menjadi tren. Berikut ini adalah tren bahasa pemrograman yang wajib Anda kuasai di tahun 2022. 

1. Phyton

Phyton adalah bahasa pemrograman yang menjadi sangat populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Kepopuleran ini tentunya sejalan dengan kebutuhan yang meningkat akan orang-orang yang memahami data science, machine learning, dan backend development. 

Phyton juga sangat mudah untuk Anda pelajari karena perintah-perintahnya sederhana dan gampang dipahami. Jika ingin berkarier di bidang IT, maka bahasa pemrograman yang satu ini wajib Anda pelajari. 

2. C++

Bahasa pemrograman C adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling tua. Walaupun begitu, bahasa C masih populer dan digunakan hingga saat ini. Pengembangan dari bahasa C adalah C++, bagi Anda yang ingin menjadi developer wajib mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini. 

Dengan mempelajari C++ Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara kerja komputer dan coding secara umum. C++ memiliki kontribusi besar terhadap banyak bahasa pemrograman lain yang Anda kenal sekarang. Hingga saat ini, bahasa C dan C++ juga masih sering digunakan untuk pengembangan video game dan berbagai aplikasi. 

3. JavaScript

Dari tahun ke tahun, JavaScript selalu menjadi bahasa pemrograman yang paling populer dan menjadi tren di kalangan developer. Walaupun bahasa pemrograman ini sudah digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu, tapi hingga saat ini masih banyak yang menggunakan JavaScript untuk berbagai keperluan.

Bahkan, sebuah survei dari Analytics Insight masih menjadi bahasa pemrograman yang memimpin industri hingga saat ini.  Kepopuleran ini tentu saja karena JavaScript sangat fleksibel dan multi-fungsi. Bahasa pemrograman satu ini bisa Anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile, website, dan lain-lain. 

4. Kotlin

Kotlin sebenarnya adalah bahasa pemrograman yang cukup baru jika dibandingkan bahasa lainnya. Kotlin bisa berjalan pada JVM (Java Virtual Machine) secara statis. Anda bisa mengkompilasikan Kotlin ke JavaScript dengan menggunakan compiler LLVM.

Bahasa pemrograman ini pertama kali diciptakan pada tahun 2016 dan berfungsi untuk membuat aplikasi Android.  Bahasa pemrograman yang satu ini bersifat open-source, memiliki performa handal, dan bisa menyederhanakan sintaks.

Karena itu, banyak perusahaan besar yang menggunakannya seperti Pinterest, Gojek, Trello, dan lain-lain. Anda yang berminat untuk menjadi seorang Android Developer wajib menguasai bahasa pemrograman yang satu ini.  

5. Java

Bahasa pemrograman lain yang harus Anda kuasai adalah Java. Java merupakan bahasa pemrograman yang masih berdampak global karena memiliki sangat banyak kegunaan. Karena itu, Java masih termasuk dalam salah satu bahasa pemrograman yang wajib Anda kuasai di tahun 2022 ini. 

Pada dasarnya, Java memiliki format yang mirip dengan C dan C++. Namun, Java memiliki keunggulan lain yang menjadikan bahasa pemrograman ini sebagai favorit para developer. Bahasa pemrograman satu ini sangat cocok bagi developer yang berorientasi pada usability.

Dengan menggunakan Java, aplikasi jadi bisa diakses secara multi-platform.Kompabilitas yang Java tawarkan sangat baik dan mendukung berbagai aplikasi dan device. Selain itu, Java juga mudah untuk Anda pelajari dan memberi kemudahan untuk menyusun sebuah script. 

Penutup

Itulah bahasa pemrograman yang menjadi tren di tahun 2022 ini. Jika Anda ingin meniti karier di bidang IT dan berniat mendalami pengembangan aplikasi, lima bahasa pemrograman yang sudah kami jelaskan sebelumnya bisa Anda pelajar.

Cara belajarnya juga sangat banyak, Anda bisa mengikuti kursus online atau belajar secara otodidak. Hal yang paling penting adalah tetap konsisten dalam mempelajari bahasa-bahasa pemrograman ini, ya!

Setelah aplikasi tersebut selesai, Anda tentunya butuh menggunakan hosting untuk meluncurkan aplikasi tersebut dan membuatnya bisa diakses oleh para pengguna. Layanan Cloud VPS dari IDCloudHost dengan performa yang optimal dan biaya yang fleksibel menggunakan sistem pay as you grow bisa Anda jadikan pilihan yang tepat!

author0
teknologi id bookmark icon
author

Muhammad Mufid Luthfi

IDCloudhost

Tinggalkan Komentar

0 Komentar