5 Plugin Analytics Terbaik untuk WordPress

Sagara Technology . December 17, 2021


Photo By Unsplash

Apakah kalian mencari Plugin Analytics untuk situs WordPress Anda? Plugin Analytics membuat kalian dapat melihat berapa banyak pengunjung yang datang ke situs web Anda, dari mana mereka berasal, dan apa yang mereka lakukan di situs web kalian.

Pada artikel ini, kami merekomendasikan Plugin Analytics terbaik untuk pengguna WordPress. Mungkin beberapa rekomendasi kami akan sedikit menuai pro dan kontra dari para pengguna WordPress.

Berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi Plugin Analytics:

1. MonsterInsights

Monster Insights adalah Plugin analytics terbaik untuk situs WordPress. Plugin Ini memungkinkan untuk menginstal Google Analytics dengan mudah di WordPress dan menunjukkan laporan mengenai insight yang bermanfaat di dashboard WordPress. Monster Insight memiliki beberapa fitur antara lain:

  • Mendapatkan  laporan secara mendetail mengenai negara pengunjung, jenis kelamin, perangkat, dan lainnya.
  • Melihat bagaimana pengguna menemukan situs web, kata kunci apa yang mereka telusuri dan apa yang mereka lakukan di situs web.
  • Terintegrasi dengan Universal Analytics dan Google Analytics 4 (GA4).
  • Plugin ini mampu menggunakan fitur pelacakan ganda untuk terhubung ke kedua versi secara bersamaan.
  • Mampu melacak dan mengetahui berapa kali file diunduh
  • Melacak setiap perangkat yang melakukan download pada website dan melakukan pengumpulan data.

Photo by Monsterinsight

2. Google Analytics

Google Analytics adalah Plugin analytics yang  paling populer. Plugin Ini gratis dan dapat dengan mudah diinstal di WordPress. Namun, Plugin ini juga dapat diinstall secara langsung dengan menambahkan kode di website.

Dengan menggunakan plugin ini pemilik website dapat melakukan  A/B Testing, melacak pengguna, banyak lagi. Google Analytics memiliki beberapa fitur antara lain:

  • Menonaktifkan pelacakan pengguna tingkat admin untuk mendapatkan data yang tepat tentang pengunjung website.
  • Mudah menyesuaikan indikator kode pelacakan sesuai keinginan.
  • Tidak menampilkan statistik situs di dalam panel admin. Pemilik situs harus masuk ke akun Google Analytics untuk melihat data analitik.

Photo by CrazyEgg


3. StatCounter

Plugin StatCounter dapat dihubungkan dengan situs WordPress. StatCounter adalah layanan penghitung statistik situs web berbasis cloud yang menawarkan layanan statistik situs web dasar.

Plugin ini menyediakan data lokasi pengunjung, browser yang digunakan, dan lainnya. Mudah digunakan tetapi tidak memiliki fitur canggih seperti plugin analytics lainnya. Misalnya, pelacakan eCommerce, pelacakan tautan afiliasi, pelacakan sasaran dan acara, dan banyak lagi.

Photo by StatCounter

4. Jetpack

Jetpack oleh WordPress.com menampilkan statistik dasar di dasbor WordPress. Plugin ini dapat digunakan di situs WordPress yang di hosting sendiri untuk melacak pengunjung.

Plugin  gratis untuk diterapkan di blog kecil, Plugin ini menawarkan laporan lalu lintas traffic yang sederhana dan mudah dipahami.

Photo by jetpack


5. Exact Metrics

Exact Metrics adalah salah satu plugin Google Analytics terpopuler untuk WordPress. Banyak pemula merasa laporan Google Analytics agak sulit dipahami. Exact Metrics membuatnya mudah dipahami  di dalam area admin WordPress. Laporan ini biasanya mencakup laporan demografi, pelacakan tautan yang disempurnakan, pelacakan tautan afiliasi, laporan waktu nyata, dan banyak lagi.

Fitur:

  • Memungkinkan  melacak pengunjung situs web dan mendapatkan laporan analitik di dasbor WordPress.
  • Menampilkan detail penting seperti tampilan halaman, statistik analisis seluler, penelusuran organik, dan lalu lintas dari situs media sosial
  • Menampilkan statistik waktu secara real time, termasuk jumlah pengunjung, sumber lalu lintas, dan dari mana mereka berasal.
  • Memberikan laporan mendalam untuk setiap halaman dan posting sehingga dapat menganalisis data di halaman dan mengoptimalkan konten.

Photo by Exact Metrics







author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar