Yota Devices, Vendor Pembuat YotaPhone Dinyatakan Bangkrut

yotaphone
Foto: The Verge

Teknologi.id – Adakah yang masih ingat dengan Yota Devices, vendor asal Rusia yang membuat ponsel dua layar Yotaphone? Lama tidak terdengar kabarnya, tiba-tiba muncul laporan yang dirilis Cnews.ru bahwa Yota Devices dinyatakan bangkrut.

Penyebab kebangkrutan ditengarai lantaran Yota menghadapi gugatan dari pemasok komponen. Laporan dari iGuides, Pabrikan Yota untuk dua YotaPhone pertama, yakni Hi-P Electronics menuntut Yota lantaran gagal memenuhi jumlah minimum pesanan komponen.

Baca juga: iPhone Z: Konsep Ponsel Lipat Apple Eksklusif dari Caviar

Nilai tuntutan cukup besar, yakni USD 126 juta. Yota kemudian membayar USD 17 juta sebagai kompensasi dan pihak Hi-p setuju menerimanya.

Namun, perusahaan asal Singapura itu mengajukan klaim lain sebesar USD 1 juta. Dan kali ini Yota menyatakan tidak sanggup membayarnya, karenanya mereka mengajukan kepailitan.

Mahkamah Agung Kepulauan Cayman pun kemudian mengabulkan. Pihak pengadilan FTI Consulting sebagai likuidator resmi. Kreditor Yota memiliki waktu 21 hari untuk mengajukan hak klaim aset perusahaan, demikian dilansir dari Android Police, Minggu (21/4/2019).

Baca juga: iPhone XE Disebut Bakal Jadi Generasi Penerus iPhone SE 

Tentang YotaPhone

Yota merilis ponsel pertamanya pada tahun 2013. Saat itu YotaPhone cukup menyita perhatian, karena menghadirkan dua layar di depan dan belakang. Bagian depan layar seperti pada umumnya ponsel, sementara bagian belakang memakai e-ink.

Kala itu belum ada vendor yang menerapkan konsep demikian di ponselnya. Lantaran menuai respon positif, Yota model kedua rencananya akan digunakan sebagai amunisi untuk ekspansi ke pasar Amerika Utara. Namun, pada kenyataan urung dilakukan.

Kemudian pada 2017, YotaPhone 3 hadir. Ponsel ini hanya dijual di Asia saja. Sayangnya mimpi untuk kembali ke kampung halaman dan membuat tablet dengan dua layar pun kandas, karena Yota tutup usia.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *