WhatsApp Uji Coba Fitur ‘Disappearing Messages’

disappearing messages
Foto: Daily Mail

Teknologi.id – WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur baru bernama ‘disappearing messages‘ yang memungkinkan sebuah pesan terhapus sendiri secara otomatis dalam batas waktu tertentu.

Menurut blog yang terkenal dengan bocoran update WhatsApp, WABetaInfo, fitur baru ini mulai diuji coba dalam aplikasi WhatsApp versi beta. Uji coba tersebut untuk mengetahui seberapa bermanfaat fitur ini untuk penggunanya dan juga memastikan tidak ada bug lagi ketika nantinya diluncurkan untuk umum.

Baca juga: Instagram Diam-diam Hapus Fitur “Following tab”

Kehadiran fitur ‘disappearing messages‘ ini diharapkan akan membantu pengguna yang ingin mengirimkan pesan sensitif. Namun, tidak ingin pesannya dibaca secara permanen oleh si penerima. Jadi, pengguna akan mengatur waktu kapan pesan itu akan terhapus secara otomatis setelah dikirim dan dibaca oleh penerima.

WhatsApp bukanlah aplikasi perpesanan pertama yang mengusung fitur pesan terhapus otomatis. Sebelumnya, kita telah melihat fitur ini di aplikasi pesan pesaingnya, Telegram, yang memiliki fitur serupa bernama Secret Chats. Gmail juga telah lebih dulu menambah fitur penghapus pesan secara otomatis pada tahun lalu.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WhatsApp nantinya hanya perlu mengaktifkan fitur ’disappearing messages’ yang tersedia di pengaturan grup. Tidak jelas apakah fitur tersebut hanya berlaku untuk chat di grup atau dapat berfungsi pula di chat personal.

Baca juga: Apple Resmi Rilis iOS 13.1.2, Perlukah Diinstal?

Selain itu, dalam uji cobat di WhatsApp beta, pengguna hanya diberikan dua pilihan durasi waktu untuk menghapus pesan secara otomatis, antara 5 detik atau 1 jam.

Berdasarkan laporan WABetaInfo, pihak WhatsApp belum memberitahu kapan fitur ini akan diluncurkan untuk penggunanya secara umum, sehingga bentuk final dari fitur ini pun masih sangat mungkin untuk berubah.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending