Tak Cuma WhatsApp, Spyware Ini Ternyata Juga Serang Telegram dan Skype

Kemala Putri . November 05, 2019
Teknologi.id - WhatsApp sebelumnya diketahui telah mengajukan gugatan kepada perusahaan teknologi asal Israel, NSO Group. NSO Group dituding mengirimkan perangkat lunak berbahaya atau spyware ke 1.400 pengguna WhatsApp. Terbaru, dokumen gugatan tersebut mengungkapkan bahwa spyware ternyata tidak hanya menyerang WhatsApp saja. Selain rekaman mikrofon dan kamera, Pegasus spyware dikabarkan mampu menyerang skype dan telegram.

Baca juga: Samsung Rayakan Ulang Tahun ke-50 dengan Tebar Diskon Hingga 50 Persen

"Pegasus dapat membahayakan seluruh data ponsel, termasuk data dari Skype, Telegram, Viber, SMS, foto, email, kontak, lokasi, file, riwayat penelusuran," demikian isi dokumen tersebut, seperti dilansir dari laman India Today, Selasa (5/11/2019). Dalam surat pengadilan, WhatsApp mengungkapkan bahwa NSO Group telah mengembangkan spyware mereka untuk mengakses pesan dan komunikasi pada ponsel target.

Baca juga: Beujek, Ojol Baru Berasaskan Koperasi Siap Saingi Gojek dan Grab

Jadi, bukan percakapannya yang diintip. Melainkan spyware ini masuk lewat aplikasi itu untuk menanamkan kode jahat di ponsel targetnya. Setelah itu mereka bisa mengambil data dari SMS, foto, email, kontak, lokasi, arsip, history browsing, rekaman mikrofon dan kamera. Beberapa pengguna yang terkena spware ini berasal dari berbagai bidang diantaranya jurnalis, aktivis hak asasi manusia, pembangkang politik, dan diplomat. (dwk)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar