Wacana Elon Musk Bikin Mobil Listrik Murah di Tahun 2021

Foto: Zoya Rental Mobil Medan

Teknologi.id- Saat ini mungkin mobil listrik masih terlalu mahal untuk sebagian besar orang. Hal ini seakan menjadi ironi di tengah upaya banyak pihak untuk mereduksi polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor.

Elon Musk sebagai CEO Tesla mengatakan bahwa dalam tiga tahun yang akan datang Tesla bisa menciptakan mobil listrik dengan harga yang murah. Pernyataan itu diucapkannya bersamaan dengan pengakuannya bahwa hal itu sangat sulit dilakukan mengingat ekonomi dan  persaingan dalam industri otomotif. 

Wacana tersebut diungkap di tengah gejolak rencana privatisasi Tesla. Seperti yang diakui oleh Musk jika perusahaan yang didirikannya sulit bersaing dengan para pemain besar seperti General Motors (GM) atau Ford. Alasannya karena posisi perusahaan sebagai produsen otomotif berskala kecil dibandingkan GM dan Ford di industri yang kompetitif.

Menurut Musk, Tesla bisa menciptakan mobil listrik berkualitas yang bisa dijual dengan harga US$25 ribu atau Rp364 jutaan. Bisa dibandingkan, saat ini harga mobil Tesla adalah yang termurah, yakni Tesla Model 3 adalah US$35 ribu atau sekitar Rp510 jutaan. 

Tesla benar-benar fokus untuk membuat mobil lebih terjangkau yang sangat sulit dicapai. Untuk membuat mobil lebih terjangkau, kamu perlu volume tinggi dan skala ekonomi.

“Saya pikir dengan kerja keras kami bisa menjual mobil seharga US$25 ribu pada tiga tahun ke depan” ujar Musk.

Lalu, Musk membandingkan pembuatan mobil ketahun-tahun awal keberadaan ponsel, dimana ponsel tersebut berukuran sangat besar tapi tidak memiliki banyak fitur atau fungsi. Musk meyakini teknologi ke depannya akan membuat semua desain menjadi lebih minimalis tapi bisa memberikan fitur atau fungsi yang luas.

Dengan setiap iterasi desain yang berurutan, kamu bisa menambahkan lebih banyak hal kamu bisa menemukan cara yang lebih baik untuk memproduksinya, sehingga menjadi lebih baik dan lebih murah.

Musk mengaku bangga terhadap Tesla karena hampir tidak mengeluarkan sepeser pun pengeluaran untuk iklan ataupun endorsement. Menurutnya, Tesla bergantung pada promosi dari mulut ke mulut. 

“Kunci  untuk menjual produk adalah memiliki sesuatu yang disukai dan dibicarakan orang. Saya menaruh semua uang dan perhatian kepada pembuatan produk yang semenarik mungkin,” ujarnya.

Menurut Musk, strategi marketing merupakan model bisnis Tesla. Jika banyak orang menyukai sebuah produk maka Ia akan memberikan testimoni dan itu berimbas pada bisnis perusahaan tanpa perlu ada biaya tambahan.

Selain mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, Musk juga mengatakan pihaknya tak memberikan diskon untuk produk yang dipasarkan. Bahkan sebagai orang nomor satu di perusahaan yang didirikannya, Ia mengaku tetap harus membayar penuh untuk satu unit mobil Tesla.

Mungkinkah wacana Elon Musk di Tahun 2021 dapat benar-benar terjadi? nst

Baca juga: Elon Musk Akhirnya Meminta Maaf Karena Menghina Penyelam Gua di Thailand

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *