Viral Broom Challenge, Begini Tanggapan NASA

Teknologi.id . February 13, 2020

Broom Challenge

Foto: WKMG

Teknologi.id - Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 10 Februari, netizen dibuat heboh dengan viralnya Broom Challenge atau #BroomChallenge di berbagai media sosial.

Broom Challenge adalah sebuah tantangan untuk membuat sapu ijuk berdiri tegak dan seimbang tanpa bantuan apapun. Mereka meyakini pada tanggal tersebut terdapat tarikan gaya gravitasi yang unik dan lain dari biasanya hingga bisa membuat sapu berdiri tegak.

Adalah pengguna Twitter @mikaiylaaaaa yang pertama kali mencuit, “Okay jadi NASA berkata hari ini adalah satu-satunya hari di mana sapu bisa berdiri sendiri karena tarikan gravitasi.” 

Baca juga: Google Batasi Penayangan Iklan di Chrome dan YouTube

Dalam cuitan itu dia menyertakan video dirinya menyeimbangkan sapu yang langsung memperoleh 250 ribu like saat diposting. Ribuan pengguna lainnya pun terinspirasi dan beramai-ramai ikut mengunggah video mereka menegakkan sapu.

Saking viralnya tantangan ini, NASA pun akhirnya geregetan dan turun tangan memberikan penjelasan mengenai klaim gravitasi yang tak biasa tersebut.

"Ini adalah hoax media sosial yang memperlihatkan betapa cepatnya pseudosains dan klaim palsu bisa menjadi viral," ungkap NASA dikutip dari Business Insider, Kamis (13/2).

Melalui akun resminya, NASA juga mencuit sebuah video yang menampilkan astronaut Alvin Drew yang didampingi ilmuwan Sarah Nobel mempraktikkan Broom Challenge.

“Fisika dasar berlaku setiap hari sepanjang tahun bukan hanya pada 10 Februari," tulis NASA dalam cuitannya.

"Apakah kamu melakukan Broom Challenge kemarin? Ya, kamu bisa melakukannya hari ini juga," ucap Sarah Nobel.

Drew pun mengakhirinya dengan kalimat singkat: "It's just physics".

NASA juga mengatakan meskipun tipuan ini tidak fatal, tapi ini menjadi 'sentilan' bagi warganet betapa pentingnya melakukan pengecekan fakta dan penelitian sebelum ikut-ikutan tantangan viral. 

Pihak NASA pun mengimbau warganet untuk mengecek terlebih dahulu fakta-fakta terkait persoalan yang viral melalui akun sosial resmi NASA dan NASA.gov.

(dwk)


author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar