Terancam Diblokir, Ini 5 Alternatif Pengganti Muslim Pro

Super Intern . November 20, 2020

Foto: Tribun Solo

Teknologi.id - Muslim Pro saat ini tersandung kasus karena dituding menjual data-data penggunanya ke militer Amerika Serikat. Muslim Pro adalah aplikasi penyedia 30 juz Alquran, penunjuk kiblat sekaligus pengingat salat.

Memiliki tagline Aplikasi Muslim Paling Populer!, Muslim Pro memang sudah diunduh lebih dari 98 juta kali. Walaupun begitu, terkaitnya kasus jual data ini membuat para pengguna khawatir apabila data privasi mereka disalahgunakan.

Dikutip dari DetikInet, Dedy Permadi, selaku Juru Bicara Kementerian Kominfo menyebutkan bahwa pada tanggal 19 November 2020, Pemerintah Indonesia telah mengirimkan surat kepada Muslim Pro untuk meminta kejelasan terkait permasalahan yang sedang terjadi.

Bila tidak ada balasan dalam waktu tiga hari, Muslim Pro terancam diblokir oleh Kominfo.

Bagi para pengguna Muslim Pro yang ingin beralih dari aplikasi tersebut, Teknologi.id berikan alternatif aplikasi selain Muslim Pro. Simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: Muslim Pro Menyangkal Jual Data Pengguna ke Militer AS

1. Umma

Foto: umma.id

FItur-fitur yang disajikan Umma sama seperti Muslim Pro, yaitu 30 juz Alquran, penunjuk kiblat, pengingat waktu salat. Disamping itu, Umma juga menyediakan artikel atau bacaan terkait Islam.

Fitur menarik lain yang disajikan Umma adalah fitur chat seperti komunitas untuk membahas seputar Islam.

2. Waktu Solat

Foto: APKPure

Seperti namanya, aplikasi ini menyediakan fitur waktu solat, arah kiblat, dan juga lokasi masjid terdekat. Selain itu, Waktu Solat juga menyajikan fitur  tasbih digital, kumpulan doa, dan Asmaul Husna.

3. Muslim Go

Foto: Google Play

Sama seperti aplikasi muslim pada umumnya, Muslim Go menyediakan jadwal salat, dan penunjuk kiblat. Fitur lain yang dimiliki Muslim Go adalah kumpulan bacaan doa untuk salat sunnah.

Muslim Go juga menampilkan kalender Hijriyah beserta hari-hari besar Islam. Fitur ekstra yang ada di Muslim Go adalah kartu ucapan untuk Hari Raya, maupun untuk Hari Besar Islam lainnya, dan konten islami berupa buku anak-anak, musik, komik, dan lain-lain.

Baca Juga: MeowTalk, Aplikasi Penerjemah Suara Kucing

4. Muslim Pocket

Foto: Google Play

Fitur yang ada dalam Muslim Pocket sama seperti aplikasi lainnya. Namun, yang menarik adalah Muslim Pocket meyediakan 30 juz Alquran dengan tajwid berwarna yang dapat membantu untuk memperbaiki bacaan Alquran.

Selain itu, Muslim Pocket juga menghadirkan fitur peta restoran yang menyediakan makanan halal, juga masjid terdekat.

5. Athan

Foto: Google Play

Athan mengklaim dirinya sebagai aplikasi penunjuk arah kiblat dan waktu solat yang paling autentik. Di dalam Athan tersedia fitur jadwal salat seluruh dunia, alarm azan, dan pengingat salat.

Tidak ketinggalan dengan fitur Alquran 30 juz yang bisa dibookmark dan dibagikan ke sosial media. Fitur panduan haji dan umrah juga tersedia dalam aplikasi Athan.

Demikian 5 aplikasi alternatif selain Muslim Pro. Sesuaikan dengan kebutuhan, dan selamat mencoba!

(rh)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler