Teknologi WhatsApp Transfer History Chat dari iOS ke Android

Muhammad Iqbal Mawardi . April 07, 2021

Foto: Pixels

Teknologi.id – Walaupun sudah diterpa banyak kontroversi terkait perusahaannya, Facebook masih tetap memiliki banyak pengguna yang mengandalkan salah satu layanan perusahaannya, yakni WhatsApp sebagai aplikasi bertukar pesan.

Riuhnya pengguna yang menganggap pembaruan privasi sebagai ancaman terhadap data pribadi tampaknya tak berpengaruh besar. Baik di Indonesia, maupun di negara lain.

Alhasil, pengembangan dan pembaruan fitur pun terus dilakukan perusahaan. Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan pembaruan yang mempermudah pengguna dalam mengakses platform melalui berbagai perangkat.

Kini, dikabarkan bahwa perusahaan tengah mengembangkan fitur yang berfungsi untuk memindahkan history percakapan dari iOS ke Android. Ini merupakan kabar gembira bagi sebagian besar pengguna aplikasi chatting ini.

Dari segi fitur dan layanan, ini memang bukanlah hal yang baru. Sudah tersedia beragam pilihan platform pihak ketiga yang menyediakan layanan sejenis. Baik layanan berbayar maupun gratis.

Namun, karena ini adalah fitur resmi yang dikembangkan perusahaan, kamu tak perlu mengkhawatirkan data chat disimpan oleh pihak selain WhatsApp. Setidaknya, itulah nilai plus dari layanan ini.

Baca juga: WhatsApp Pay Segera Berlaku di Brasil, Berikutnya Indonesia?

Di samping itu, yang bisa kita harapkan dari fitur tersebut tentu saja kemudahan dalam memindahkan data dari iOS ke Android. Bahkan, seperti yang bisa kita lihat dari gambar di bawah, migrasi data juga bisa dilakukan sebaliknya –yakni dari Android ke iOS.

Dipastikan bahwa kehadiran fitur ini akan memberi kemudahan baru bagi pengguna setia WhatsApp. Alhasil, kini kamu tidak perlu lagi repot-repot memindahkan data ketika ganti perangkat, baik dari Android jadi iOS atau sebaliknya.

Barangkali, ada sebagian pembaca yang menanyakan hal ini. Dan wajar, mengingat pembaruan fitur ini turut mengubah sistem penyimpanan WhatsApp secara keseluruhan.

Salah satu hal yang membuat WhatsApp menggoda adalah enkripsi keamanan end-to-end atau E2EE serta perlindungan privasi. Itulah nilai penting yang diiklankan perusahaan ketika masih dalam fase pengembangan –masa sebelum Facebook membeli perusahaan ini.

Berkat enkripsi tersebut, setiap data percakapan disimpan pada penyimpanan internal perangkat. Bukan pada cloud atau komputasi awan. Alhasil, keamanan lebih terjaga karena pengguna memiliki kontrol penuh terhadapnya.

Hal itu pula yang menyebabkan banyak program malware berupaya keras untuk mengakses data WhatsApp yang tersimpan di perangkat. Soalnya, jika malware tersebut berhasil mencuri data pengguna, sama saja peretas sudah menguasai perangkat korban.

Di sisi lain, sistem yang terbilang aman dan menguntungkan ini juga memiliki kelemahannya. Pengguna jadi tidak bisa memindahkan data secara langsung dari satu platform ke platform lainnya.

Maka, ketika pembaruan tersebut diluncurkan, tentu ada beberapa perubahan protokol keamanan yang dilakukan perusahaan. Langkah tersebut diambil demi menyesuaikan fitur anyar yang menjanjikan kenyamanan. Sedangkan keamanan, mungkin ada baiknya kita tunggu hingga WhatsApp memberikan pernyataan resminya.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

(MIM)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler