Teknologi Cryo, Kegunaan dan Pemakaiannya

Teknologi Cryo, Kegunaan dan Pemakaiannya
Penggunaan Teknologi Cryo.

Teknologi.id – Teknologi Cryo kini sedang ramai dibahas di kalangan ilmuwan. Pasalnya, mereka ingin mengetahui jika tubuh kita bisa dipertahankan selama lebih dari sepuluh tahun tanpa efek lain.

Namun, untuk era luar angkasa tentunya kita akan sangat membutuhkan ini. Pasalnya, kita tidak tahu berapa lama kita akan berlayar di luar angkasa, bisa tahunan bahkan bisa beberapa abad. Untuk era luar angkasa sendiri, ada beberapa tantangan berat. Beberapa di antaranya adalah efisiensi bahan bakar, makanan, cryo, dan melintas ruang angkasa.

Teknologi ruang angkasa atau yang disebut dengan slipspace voyage memang menjadi salah satu tantangan. Kita juga tidak perlu pergi ke Mars dalam hitungan minggu atau bulan, namun bisa dicapai hanya dengan hitungan jam atau menit dengan adanya teknologi ini. Namun untuk mempertahankan persediaan makanan, kita memang harus masuk ke cryosleep atau tidur yang sangat lama dengan es di sekitarnya.

Jadi, bagaimana kegunaan teknologi cryo ini?

Tidur Panjang

Ketika berlayar ke luar angkasa untuk ekspedisi, kita harus memperhitungkan semua termasuk tidur panjang. Makanan juga harus dibuat supaya bisa bertahan lama dan untuk antisipasinya, kita harus tidur panjang atau yang istilahnya cryosleep. Beberapa game dan film seperti Aliens dan Halo sudah menampilkannya. Kita bisa lihat sendiri kalau manusia di film Aliens memang hanya berbalut pakaian dalam saat cryosleep. Hal ini karena faktor teknologi pakaian yang memiliki resiko melekat di tubuh ketika berada di suhu sangat dingin.

Untuk kasus unik, kita pernah melihat bagaimana Kapten Steve Rogers bisa memasuki cryosleep selama tujuh puluh tahun sebelum SHIELD menemukannya. Hal itu juga bisa terjadi karena jatuh di area kutub dan Kapten Amerika ini langsung tak sadarkan diri karena benturan. Ditambah lagi, karena dinginnya es, otomatis dia akan langsung masuk cryosleep sebelum SHIELD membangunkannya di New York, AS.

Baca juga: TrAPs, Teknologi Nano DNA untuk Penyembuhan Luka

Baik militer personel maupun sipil harus terbiasa untuk ini, karena perjalanan panjang tidak hanya melibatkan militer, namun juga sipil.

Tentunya kita juga harus mengetahui berapa banyak persediaan nitrogen untuk ini. Namun kalau kita melihat bagaimana kulkas freezer bekerja, hal ini mungkin juga bisa diaplikasikan di teknologi ini.

Sebagai Senjata

Teknologi cryo juga bisa dimanfaatkan sebagai senjata. Kalian pernah ingat bagaimana Loki bisa membekukan Heimdall di film Thor menggunakan teknologi cryo. Meski Heimdall bisa bebas, namun disorientasi terjadi karena ketika kita membeku, seluruh respon tubuh kita akan melambat.

Selain itu, karena suhu dingin yang ekstrim, Scott Lang, atau yang disebut sebagai Ant-Man bisa membobol brankas milik Profesor Hank. Karena reaksi dingin dan panas mendadak, otomatis struktur molekul besi dan baja langsung rapuh dan hancur.

Baca juga: Mengenal Teknologi Exoskeleton, Teknologi Pendukung Terbaru

Teknologi Cryo untuk Medis dan Riset

Mempertahankan aspek biologis dalam jangka waktu lama memang sangat sulit dilakukan tanpa teknologi cryo ini. Untuk medis dan riset, mereka menyimpan berbagai jenis virus dan vaksin yang kelak akan digunakan untuk eksperimen. Ruang otopsi jenazah kepolisian juga mempunyai teknologi ini. Sebab, mereka tidak mau bekerja dengan bau menyengat di mana mayat bisa disimpan sampai berminggu-minggu.

Selain itu, orang dengan kondisi tertentu juga mungkin akan dipreservasi dengan cryosleep sambil menunggu obat untuk penyakit yang belum disembuhkan saat itu berhasil diriset.

Kalau kalian sendiri, kalian mau memakai teknologi ini untuk apa?

(AMS)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *