Teknologi Apa Saja yang Akan Hadir di 2018?

Foto: pexels.com

Kemajuan di bidang teknologi melahirkan semakin banyak inovasi yang bermunculan di setiap tahunnya. Prediksi teknologi di tahun lalu berhasil terbukti dengan berkembangnya teknologi virtual reality dan layanan on-demand. Lalu bagaimana dengan prediksi teknologi yang akan hadir di 2018?

Mengutip dari Liputan 6 (3/1/2018), berikut prediksi daftar tren teknologi yang akan hadir di tahun ini!

1. Speaker Pintar Berbasis Kecerdasan Buatan

Foto: theverge.com

Speaker pintar akan lebih berkembang di tahun ini. Sebelumnya, Amazon Alexa sudah meluncurkan speaker pintar di tahun 2017 lalu, namun tren ini masih akan terus berlanjut di 2018 mengingat akan ada lebih banyak pemain yang menawarkan teknologi serupa dengan beragam fitur anyar.

2. Kecerdasan Buatan

Foto: pexels.com
Di tahun 2018, kecerdasan buatan akan lebih banyak hadir pada produk untuk konsumen. Dengan kata lain, akan lebih banyak produk yang dapat mengenali kebiasaan dari konsumennya, seperti agen travel hingga media sosial. Selain itu didukung pula dengan kehadiran kendaraan otonomos, drone atau robot.

3. Augmented Reality

Foto: bgr.com
Virtual reality (VR) menjadi di tren di tahun 2017, dan kali ini giliran augmented reality (AR) yang akan bertumbuh pesat di 2018. Terlihat dari beberapa perusahaan teknologi besar seperti Amazon dan Apple yang tengah menggarap kacamata pintar berbasis AR. Selain itu, perusahaan ritel IKEA juga memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung penjualan.

4. Cryptocurrency

Foto: pexels.com

Cryptocurrency atau mata uang digital akan berkembang pesat di 2018. James Altucher, investor teknologi dan venture capitalist, menilai cryptocurrencycontohnya bitcoin, berpotensi menggantikan uang kertas untuk bertransaksi. Menurutnya, bitcoin dapat memecahkan masalah pencetakan uang yang tidak terbatas, pemalsuan, pembelanjaan ganda dan anonimitas.

5. Perjalanan Wisata ke Luar Angkasa

Foto: pexels.com

Perjalanan luar angkasa kini sedang di gembar gemborkan oleh beberapa perusahaan seperti SpaceX dan Blue Origin. CEO SpaceX, Elon Musk mengungkap bahwa rencananya misi ini akan mulai pada akhir tahun depan. Sementara Bob Smith, CEO Blue Origin menuturkan perusahaannya kemungkinan tak menawarkan misi ini dalam waktu dekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *