Setelah Uji Coba, Fitur Berbagi 'Nearby Share' Akhirnya Rilis di Android

Nimas Disri . August 06, 2020

Foto: Android (via YouTube)

Teknologi.id - Setelah sebelumnya melewati masa uji coba, kali ini fitur Nearby Share dari Google sudah dapat digunakan untuk berbagi file antar perangkat Android. 

Dilansir dari The Verge (5/8), fitur Nearby Share yang mirip dengan AirDrop-nya Apple itu sudah mulai digulirkan ke smartphone yang mengoperasikan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 ke atas. 

Baca Juga: Masker Keren dari Jepang yang Bisa Bicara 8 Bahasa

"Beberapa perangkat Pixel dan Samsung akan menjadi smartphone pertama yang mendapatkan fitur Nearby Share," tutur Product Manager Android, Daniel Marcos Schwaycer dalam Blog Google. 

Google juga akan terus menjalin kerja sama dengan beberapa mitranya agar dapat mengoperasikan fitur ini ke banyak perangkat Android dalam beberapa minggu ke depan. 

Fitur ini bisa diakses langsung dari menu Share yang biasa ditemui setelah menentukan foto, file, atau video yang ingin dibagikan. 

Foto: Kompas

Nearby Share bisa digunakan secara online ataupun offline. Untuk penggunaan tanpa koneksi internet, bisa dilakukan jika masih menjangkau radius yang telah ditentukan oleh protokol sistem pengiriman. Saat fitur ini diaktifkan oleh masing-masing perangkat, secara otomatis ponsel akan memilih protokol sistem pengiriman yang paling optimal, seperti Bluetooth, peer-to-peer WiFi, atau WebRTC.

Baca Juga: Perangi Hoaks, WhatsApp Rilis Fitur Baru

Fitur berbagi ini tidak bisa digunakan ke sembarang perangkat, hanya kontak yang saling terdaftar saja yang bisa menggunakannya. Hal ini memungkinkan kita untuk mengetahui keamanan file yang diterima. 

Saat ini, fitur Nearby Share baru bisa diaplikasikan ke sesama perangkat Android. Namun dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini juga akan tersedia untuk Chromebooks. 

(nd)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya