Segera Beroperasi, Secepat Apa Sih Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Segera Beroperasi, Secepat Apa Sih Kereta Cepat Jakarta-Bandung?
Foto: Foto/Kereta Cepat/Instagram @keretacepat_id

Teknologi.id – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan kereta cepat Jakarta-Bandung akan mulai beroperasi pada tahun 2021.

Nantinya kereta yang akan digunakan adalah tipe CR400AF Electric Multiple Unit (EMU). CR400AF ini merupakan kereta cepat generasi terbaru hasil pengembangan CRRC Qingdao Sifang, produsen kereta cepat di Tiongkok.

Berbeda dengan tipe sebelumnya, EMU CR400AF didesign lebih hemat energi, lebih andal dan diklaim bisa digunakan lebih dari 30 tahun, serta biaya perawatan yang lebih rendah.

Baca juga: Beroperasi 2021, Begini Jeroan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Satu rangkaian kereta CR400AF EMU terdiri dari 8 cars/gerbong dengan kecepatan 350 km per jam. Dengan kecepatan tersebut, tentu saja waktu tempuh perjalanan Jakarta-Bandung akan menjadi lebih cepat.

“Jarak antara Jakarta dan Bandung dapat ditempuh hanya dalam waktu 36 menit (direct) sampai dengan 46 menit (non-direct/berhenti di setiap stasiun),” tulis PT KCIC melalui akun instagram @keretacepat_id, Jumat (14/6/2019).

View this post on Instagram

Halo Sobat #KeretaCepat, kenalin nih tipe kereta terbaru yang akan digunakan kereta cepat, CR400AF . CR400AF ini merupakan kereta cepat generasi terbaru hasil pengembangan CRRC Qingdao Sifang. Berbeda dengan tipe sebelumnya,EMU CR400AF didesign lebih hemat energi, lebih andal dan memiliki masa penggunaan yang lebih lama (lebih dari 30 tahun) serta biaya perawatan yang lebih rendah. . Satu rangkaian kereta CR400AF EMU terdiri dari 8 cars/gerbong dengan kecepatan 350 km per jam. Dengan kecepatan yang tinggi, kereta cepat ini juga dilengkapi dengan fitur cabin noise yang lebih rendah dibandingkan dengan tipe sebelumnya. . Nah sobat, CR400AF juga dilengkapi dua Lightning Arrester di setiap rangkaiannya sehingga meningkatkan keamanan terhadap sambaran petir terutama disisi peralatan tegangan tinggi. . Begitulah sobat #keretacepat, bagaimana menurutmu? Lebih keren bukan tipe yang terbaru ini? . #KCIC #highspeedtrain #railway #Indonesia#Jakarta #Bandung #indonesiarailway#railwayfans #pecintakereta #kereta#keretaindonesia #chinarailway#indonesiahighspeed #BUMN #railfans#anakkereta #kamuharustahu #indonesiakeren

A post shared by Kereta Cepat Jakarta – Bandung (@keretacepat_id) on

Meski memiliki kecepatan yang tinggi yakni, 350 km per jam, CR400AF EMU menghasilkan cabin noise yang lebih rendah dari tipe sebelumnya, CRH380A. Hal ini mampu membuat kereta minim getaran dan dapat memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, CR400AF didesain dengan teknologi sesuai iklim tropis Indonesia yang suhu dan kelembapannya tinggi.

Indonesia adalah negara yang memiliki frekuensi petir tinggi. Pada setiap rangkaian, kereta dilengkapi dua lightning arrester yang akan melindungi jaringan dan peralatan kereta terhadap tegangan abnormal akibat sambaran petir.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *