RUU Ketahanan dan Keamanan Siber Dipastikan Selesai September

Hasil gambar untuk ruu keamanan siber
Foto: indonesiainside.id

Teknologi.id – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan RUU Ketahanan dan Keamanan Siber (KKS) bakal selesai sebelum masa pergantian parlemen yakni pada akhir September 2019.

Menurut Ketua DPR, di era digital, regulasi KKS menjadi hal yang krusial untuk menjamin keamanan dan kedaulatan ruang siber Indonesia.

Baca juga: Ditemukan Celah Keamanan di Snapdragon, Pengguna 34 Ponsel Ini Wajib Update

“Jadi RUU ini sudah masuk prolegnas dan kita akan selesaikan di akhir September. Naskah akademik, penyusunan materi dan muatan teknis sudah memperoleh masukan dari berbagai stakeholder termasuk Badan Siber dan Sandi Negara (BSNN),” kata Bambang dalam diskusi publik RUU KKS di Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Senin (12/8/2019), Bambang mengungkapkan jika saat ini RUU KKS dalam tahap pembahasan di Badan Legislasi (Baleg). Ia meminta dukungan dari berbagai stakeholder termasuk masyarakat.

“Sekarang tinggal kita menunggu penyelesaiannya, pembahasan di dewan dalam hal ini di baleg. RUU ini sedang berjalan di DPR,” katanya.

Baca juga: Pakar Keamanan Beberkan Tips Buat Password Paling Aman, Ternyata Begini

Bambang mengatakan bahwa KKS sangat penting karena teknologi telah menjadi bagian hidup dari manusia. Di satu sisi teknologi membawa keuntungan, di sisi lain teknologi juga membawa keburukan.

“Saya tidak bisa bayangkan seluruh peralatan canggih yang kita miliki dan kita beli dari berbagai negara tiba-tiba diretas, dikendalikan dari luar, sistem mati, sistem komunikasi mati, kemudian orang-orang panik,” jelasnya.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending