Robot yang Bisa Melihat! AI Ini Dapat Mengambil Objek Apapun Setelah Menginspeksinya

Kredit : thetechnoskeptic.com

Teknologi.id – Para ilmuwan telah menciptakan robot yang dapat ‘melihat’ objek asing menggunakan terobosan visi komputer. Robot Ini dapat membuat perbedaan mendasar antara objek dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu tanpa pernah melihatnya sebelumnya.

Suatu hari, AI akan cukup canggih untuk membuat robot pembersih rumah yang dapat digunakan di rumah dan kantor, kata peneliti dari MIT. Orang-orang dapat memperlihatkan sebuah gambar dari rumah yang rapi pada robot dan memintanya untuk membersihkan ketika mereka sedang bekerja. Robot ini juga bisa diberi gambar piring dan diminta untuk membereskan piring, kata para ilmuwan. 

Manusia telah lama menguasai ketangkasan, keterampilan yang secara nyata dapat kita lihat. Sementara itu, robot masih terus mengejar. Selama beberapa dekade, robot telah mampu mengambil objek yang sama berkali-kali tetapi sekarang mereka selangkah lebih dekat untuk benar-benar melihat.

Para peneliti dari Computer Science dan Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) MIT telah menciptakan sistem baru yang mereka beri nama ‘Dense Object Nets’ (DON). Robot melihat objek sebagai sebuah poin yang berfungsi untuk ‘peta jalan visual’.

Bekerja dengan mengambil gambar

Cara kerjanya adalah seseorang menentukan titik pada objek, lalu robot dapat mengambil foto objek itu dan mengidentifikasi dan mencocokkan poinnya. Pendekatan ini memungkinkan robot lebih memahami dan memanipulasi item, kata para ilmuwan.

Yang terpenting, hal itu memungkinkan mereka untuk mengambil objek tertentu di antara kekacauan benda-benda yang serupa. Ini akan menjadi keterampilan yang berharga untuk jenis mesin yang digunakan perusahaan seperti Amazon dan Walmart di gudang mereka.

“Di pabrik-pabrik, robot sering membutuhkan pengumpan yang kompleks untuk bekerja dengan andal,” kata Florence

Dengan sistem ini, robot dapat memahami orientasi objek hanya dengan mengambil gambar. Merekapun dapat memahami dan menyesuaikan objek dengan tepat.

Dalam satu tes pada sebuah mainan, lengan robot dapat memegang telinga kanan mainan itu dari berbagai konfigurasi yang berbeda. Ini menunjukkan, sistem memiliki kemampuan untuk membedakan kiri dari kanan pada objek simetris.

Ketika menguji pada topi bisbol yang berbeda, DON bisa memilih topi target tertentu meskipun semua topi memiliki desain yang mirip.

Di masa depan, tim berharap meningkatkan sistem sehingga dapat melakukan tugas-tugas tertentu dengan pemahaman yang lebih dalam. Robot akan belajar cara menangkap objek dan memindahkannya dengan tujuan akhir yang terdekat, yaitu membersihkan meja.

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *