Planet Jupiter Diperkirakan Masih Bisa Terlihat Hingga Juli, Begini Caranya

Planet Jupiter
Foto: the Know Denver Post

Teknologi.id – Peneliti Planetarium Jakarta Widya Sawitar memperkirakan planet Jupiter masih bisa terlihat hingga Juli mendatang.

“Kita nanti akan hitung lagi. Tapi Jupiter kemungkinan terlihat jelas bulan Juli. Kalau sekarang masih rendah [posisi Jupiter] mungkin nanti akan lebih tinggi,” ujar Widya kepada awak media di Planetarium Jakarta, Senin (10/6) malam.

Widya mengungkapkan jika posisi Jupiter yang paling ideal agar bisa terlihat jelas adalah setelah pukul 20.00 WIB. Namun, ia mengatakan hal itu bisa terjadi tergantung waktu dalam satuan bulan.

Baca juga: China Buka Markas Simulasi Planet Mars di Gurun Gobi

“Mungkin kalau lewat jam 8 malam itu sudah bisa kelihatan ya, kadang-kadang jam 8 malam sudah tinggi di atas tergantung bulannya kapan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan jika Jupiter terlihat dengan jelas, orang awam bisa melihat karakter unik planet itu yakni ukurannya yang besar serta pola planet seperti badai.

Selain itu, jika langit cerah, pengunjung bisa melihat setidaknya 79 satelit yang tengah mengorbit di Jupiter.

Cara melihat Planet Jupiter

Planetarium Jakarta menyediakan kegiatan yang diperuntukan bagi masyarakat umum agar bisa melihat fenomena Bulan dan Jupiter melalui teleskop khusus yakni Reflektor. Kegiatan peneropongan dimulai pada 10-14 Juni dan dilanjutkan pada 17 Juni mendatang.

Melansir dari detikinet, planet Jupiter juga bisa dilihat melalui aplikasi seperti Star Walk 2 yang tersedia untuk Android dan iOS.

Di sisi lain, menurut NASA, untuk melihat langsung pemandangan Jupiter hanya membutuhkan teropong binokular saja.

Baca juga: Ilmuwan Eropa Temukan Planet Penuh Batu Permata

Meski demikian, di bulan ini tak cuma Jupiter saja yang bakal terlihat tapi juga keempat bulan terbesarnya – Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Menurut Nasa dari tanggal 14 sampai 19 Juni, bisa melihat ‘susunan indah’ bulan, Jupiter, dan Saturnus yang berubah setiap malam saat bulan mengorbit bumi.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *