Perubahan Media Untuk Bertukar Informasi

Sagara Technology . June 08, 2021

Sagara Technology - Media merupakan hal yang penting untuk kita bertukar informasi dimana ada wadah yang membantu untuk tersampainya maksud dan tujuan dari informasi yang akan kita sampaikan. Dilihat dari waktu yang sangat lampau manusia sudah memulai menciptakan media yang mampu memudahkan mereka untuk saling bertukar informasi, seperti dari media kertas yang pada tahun 105 M, bangsa Cina menemukan kertas sebagai media dalam penyampaian berbagai informasi dan sampai saat ini masih menjadi media yang amat penting.

·        Periode Media Tercetak


Berlanjut kemasa dimana peradaban mulai berkembang dan manusia menemukan alat untuk memudahkan memperbanyak tulisan mereka agar lebih efisien dalam penyampaian informasi, dan ditemukanlah media cetak pertama, dimulai di Cina ribuan tahun jauh sebelum Johan Gutenberg mengembangkan mesin cetak pertama pada tahun 1455 di Jerman. Mesin cetak Gutenberg menjadi pemicu dimulainya revolusi industri yang berlangsung selama hampir 6  abad lamanya dan mulailah media massa cetak mulai diperkenalkan, yang dipelopori oleh Benjamin Day dengan meluncurkan surat kabar pertama bernama The New York Sun pada 3 September 1833.

·        Periode Media Elektronik

Perkembangan media berikutnya ditandai dengan kemunculan telegraf sebagai bentuk transisi antara periode media tercetak dengan periode media eletronik. Pada periode ini, proses pengiriman pesan yang dilakukan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan masa sebelumnya. Dilanjut dengan penemuan telepon sebagai media untuk mengirimkan dan menerima suara oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876.

·        Periode Media Digital

Periode digital ditandai dengan adanya transisi mode pengiriman isi media. Tahun 1977, Radio Shack menawarkan home computer TRS80 dan Apple II merancang standar  baru bagi personal computer, gabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi, yaitu internet. Dengan teknologi internet, pertukaran informasi dan komunikasi dapat dilakukan secara interaktif, cepat, kapan saja, dan dimana saja, yang membuat dunia seolah-olah tak berjarak.

Dari perkembangan media tersebut dapat dilihat dari media digital menggabungkan isi media dan juga semakin terjadi penyesuaian dengan mobilitas manusia zaman sekarang yang ingin lebih sederhana, dengan sentuhan jari saja bisa mengirim dan menerima informasi melalui media digital yang modern saat ini seperti dari smartphone mereka.


teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Berita Terpopuler