Kini Bayar Pembuatan dan Perpanjang SIM Bisa Pakai GoPay

Kemala Putri . August 27, 2019
Teknologi.id - Meningkatkan pelayanan di segala lini, kini GoPay bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pembuatan dan perpanjangan SIM. Polda Metro Jaya menjadi Polda pertama di Indonesia yang mengesahkan pembayaran non-tunai untuk transaksi pengumpulan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang dalam hal ini adalah pembuatan dan perpanjangan SIM. Untuk permulaan, layanan pembayaran SIM dengan GoPay ini mulai bisa dimanfaatkan masyarakat di Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat.

Baca juga: Aplikasi E-Uji Emisi Dirilis, Upaya Pemprov DKI Tingkatkan Kualitas Udara Ibu Kota

Secara berangsur, wilayah Polda Metro Jaya lain akan segera menyusul dan mengadopsi sistem pembayaran ini. Termasuk juga layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas). "Polda Metro Jaya terus berupaya meningkatkan layanan publik, salah satunya dengan mengikuti perkembangan teknologi," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf. "Kali ini, kami menggandeng GoPay menghadirkan inovasi pembayaran non-tunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM," lanjutnya, seperti dikutip dari KompasTekno, Selasa (27/8/2019). Head of Ecosystem Expansion GoPay, Edwin Ariono menyambut baik kerja sama ini demi adanya peningkatan layanan publik melalui teknologi.

Baca juga: Yayasan Bill dan Melinda Gates Berinvestasi di Halodoc, Startup Layanan Kesehatan Indonesia

"Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya berupaya untuk memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dan kepolisian dalam mengumpulkan PNBP sehingga menjadi lebih aman dan transparan," ujar Edwin. Sebelumnya, Go-Jek dan GoPay juga telah melakukan kerja sama dengan Polres di 9 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, yakni Gresik, Bekasi, Kota & Kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, Madiun, Surabaya, dan Samarinda. Kerja sama tersebut baru meliputi layanan transaksi pembayaran perpanjangan SIM melalui GoPay. Edwin berharap, wilayah lain di Indonesia akan bisa segera memanfaatkan layanan ini ke depannya.

Cara bayar SIM dengan GoPay

Untuk melakukan pembayaran pembuatan SIM baru maupun perpanjang SIM lama menggunakan GoPay cukup mudah. Cara transaksinya sama dengan melakukan transaksi di merchant. Pertama buka aplikasi Go-Jek, lalu pilih menu "Bayar" dan pindai kode QR yang tertera di loket pembayaran PNBP SIM. Kemudian, masukan nominal uang yang harus dibayarkan. Transaksi pun selesai dalam sekejap dan proses pembuatan maupun perpanjangan SIM bisa diselesaikan dalam waktu singkat. (dwk)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya