Pengguna Fitbit Bisa Bantu Penelitian Covid-19 dengan The Mass Science

Indah Mutia Ayudita . July 27, 2020

Perangkat Fitbit dengan aplikasi The Mass Science bisa bantu penelitian Covid-19. Foto: Fitbit

Teknologi.id - Beberapa pengguna wearable device dari Fitbit direkrut dalam sejumlah penelitian Covid-19, antara lain penelitian COVID-Collab di King's College London, Scripps Research Translational Institute, dan Lab di Stanford Medicine Healthcare Innovation Lab di Amerika Serikat.

Aplikasi The Mass Science dari King's College dirancang untuk mengamati beberapa wearable device (termasuk Fitbit), mencocokan gejala Covid-19 dari data denyut jantung, kualitas tidur, dan aktivitas. Pengembang aplikasi yakin data-data dari wearable device bisa memberikan informasi penting untuk penelitian ini.

Tujuannya adalah mengumpulkan data yang cukup untuk dianalisa dan membandingkan hasilnya antara orang yang sakit dengan yang sehat. Data ini bisa digunakan untuk pendeteksian dini gejala Covid-19 dan membantu penggunanya mencegah penyebarannya.

Baca juga: Teknologi Baru Lawan Corona, Diagnosis Penyakit Paru-paru Berbasis AI

Data yang didapatkan juga diharapkan bisa menjadi solusi untuk melacak penyebaran virus ini secara lokal maupun nasional, membantu penggunanya memahami gejala-gejala penting yang wajib diwaspadai dan mempelajari jarak social distancing dan mengapa hal tersebut perlu dilakukan.

Pada bulan Mei, Fitbit meluncurkan penelitiannya terkait Covid-19 yang bisa diakses pemilik perangkatnya melalui aplikasi smartphone.

Oura smart ring juga digunakan sebagai objek penelitian untuk mendeteksi gejala Covid-19. Oura smart ring juga digunakan para pemain NBA untuk mengecek kesehatan pemain agar siap memulai pertandingan.

Baca juga: Catat! Pedoman Kesehatan Terbaru WHO tentang Covid-19

Konsep yang sama juga dilakukan untuk pemain dan staf PGA Tour yang diberikan Whoop Strap untuk mendeteksi gejala dan mencegah penyebaran penyakit.

Pengembangan terakhir dari COVID-Collab merupakan pertanda dengan meningkatnya jumlah pengguna perangkat wearable (yang bersedia mengisi data kesehatan rutin yang diperlukan penelitian), bisa mempercepat proses penelitian yang sedang berlangsung.

Aplikasi The Mass Science kini juga bisa diunduh secara gratis untuk perangkat Android dan iOS jika kamu memiliki perangkat Fitbit dan ingin membantu penelitian ini. Untuk informasi lebih lanjut, informasi tentang penelitian ini bisa kamu baca di website berikut: https://covid-collab.org/.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya