Mau Pekerjaan Cepat Beres? Gunakan Artificial Intelligence

Kemala Putri . March 21, 2019
Artificial Intelligence
Foto: TGDaily
Teknologi.id - Semakin pesatnya kemajuan teknologi dan informasi kita dapat menikmati beberapa perangkat lunak yang bisa mempermudah kegiatan sehari-hari sebut saja Siri, Tesla, dan Watson yang diusum oleh perangkat smartphone dan sudah banyak beredar ke pasaran. Teknologi tersebut dikenal dengan istilah Artificial Intelligence. Menurut Stuart J. Russel dan Norvig, AI atau kecerdasan buatan bisa dipahami sebagai sebuah perangkat komputer yang mampu memahami lingkungan di sekitarnya, sekaligus memberikan respon yang sesuai dengan tujuan tindakannya tersebut. Menurutnya, kecerdasan buatan adalah satu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer, melakukan atau memproduksi tindakan sama seperti yang dilakukan manusia. Kehadiran AI bisa di ibaratkan sebagai pisau bermata dua yang menghadirkan ancaman untuk seluruh tenaga kerja di dunia. Hadirnya AI membuat kegiatan yang semula dilakukan secara konvensional menjadi lebih terkomputerisasi dengan menawarkan kecepatan dan ketepatan. Di balik itu semua, AI bisa dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan. Berikut alasan kenapa AI bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan :

1. AI Bisa Merespon dengan Cepat dan Tepat

Ini adalah salah satu kelebihan dari AI, yaitu bisa merespon dengan cepat dan tepat. Salah satu contoh yang sangat trendi di kehidupan sehari-hari adalah saat membuka website e-commerce dan pihak situs memberikan kolom untuk chat dengan penjual maupun dengan sistem yang dinamakan chatbot. Chatbot adalah contoh dari AI yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu saat ada yang menanyakan sebuah pertanyaan kepada pihak penjual. Saat ini, AI telah mampu menjawab pertanyaan yang umum yang dilontarkan oleh pelanggan, mulai dari ketersediaan stok, kondisi produk dan lainnya.

2. AI Bisa Mengoreksi dan Menciptakan Dokumen Secara  Akurat

Dengan hadirnya AI, peran editor serta notulen sebuah perusahaan dengan mudah digantikan. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah grammarly. Aplikasi grammarly dapat mengoreksi tata bahasa inggris yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa.

Baca juga: GauGAN, AI yang Mampu Ubah Sketsa menjadi Foto Realistis 

3. AI Mampu Mengenali Personal Secara Mendalam

Dengan adanya AI, banyak perusahaan yang dapat mengenali konsumen yang mereka miliki dalam waktu singkat, AI juga mampu mengenali pola yang dilakukan pelanggan dan menentukan permintan yang kemungkinan akan di minta oleh pelanggan perusahaan tersebut.

4. AI Mampu Menganalisis Data dan Mengolah Big Data

Kelebihan utama dari AI adalah dibekalinya algoritma yang cukup rumit sehingga teknologi yang diciptakan mampu memprediksi sebuah kemungkinan yang tidak mungkin. Selain itu, istilah Big Data juga cukup terkenal berkat kehadiran financial technologi(Fintech) yang banyak menyita perhatian masyarakat. Big Data di gambarkan sebagai volume data yang sangat besar, baik yang di susun secara terstruktur maupun tidak terstruktur dan memenuhi suatu bisnis pada basis sehari-hari. Salah satu perusahaan yang menerapkan AI di bidang Big Data adalah media sosial Instagram. (DWK)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar