Kominfo Blokir Sementara Layanan Data di Papua dan Papua Barat Hingga Suasana Kondusif

Kemala Putri . August 22, 2019
papua dan papua barat Teknologi.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengeluarkan keterangan resmi terkait pemblokiran layanan data di Papua dan Papua Barat. Kominfo memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara hingga suasana kembali kondusif dan normal. Keputusan ini diambil dengan alasan untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya.

Baca juga: Demo Pecah di Manokwari, Papua Jadi Trending Topic Twitter Dunia

Melalui keterangan resmi oleh Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, Kominfo telah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait untuk melakukan pemblokiran layanan data ini. "Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi, mulai Rabu (21/8) hingga suasana Tanah Papua kembali kondusif dan normal," jelasnya. Pihak Kominfo tidak menjelaskan sampai kapan pemblokiran ini akan dilakukan, Ferdinandus hanya menegaskan bahwa pemblokiran ini dilakukan hingga situasi normal.

Baca juga: ‘Satria’ Jadikan Indonesia Negara Keempat dengan Satelit Internet Cepat

Sebelumnya dilaporkan bahwa Kominfo melakukan pembatasan akses internet dengan memperlambat akses/bandwidth di beberapa wilayah Papua Barat dan Papua di mana terjadi aksi massa pada Senin (19/8/2019), seperti Manokwari, Jayapura dan beberapa tempat lain. Pelambatan dilakukan lantaran Kominfo ingin mencegah menyebarnya hoaks yang bisa memperkeruh suasana di sana. (dwk)
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler