OPPO Bersiap untuk Luncurkan Charger 125W Super Cepat

Annisa Fadillah . November 13, 2020

Foto : Gizmochina

Teknologi.id - Pada Juni lalu, OPPO memberikan teaser berupa pengisi daya flash 125W yang inovatif bersamaan dengan pengisi daya nirkabel 65W di acara ChinaJoy. Kemudian, raksasa teknologi itu tidak mengungkapkan kapan kedua produk tersebut bakal dirilis di pasaran. Setelah diselidiki oleh tim Gizmochina, sebuah keterangan rahasia dari Digital Chat Station telah mengungkapkan bahwa pengisi daya super cepat 125W akan menjadi komersial pada kuartal pertama tahun depan, yaitu 2021.

Teknologi pengisian daya kilat 125W saat ini merupakan teknologi pengisian cepat paling kuat di industri untuk telepon seluler. Teknologi tersebut dibangun di atas protokol pengisian daya SuperVOOC 2.0 65W yang ada. Untuk mencapai 125W yang luar biasa, OPPO Flash Charge meningkatkan voltase-nya menjadi 20V, sementara arus maksimum turun sedikit menjadi 6,25A.

Baca Juga : OPPO INNO Day 2020 akan Digelar pada 17 dan 18 November

Hal ini dapat dikatakan mampu untuk meningkatkan sifat kepadatan daya secara signifikan. Alih-alih dua sel 3C yang ditemukan pada teknologi SuperVOOC 2.0, protokol Flash Charge baru menggunakan dua sel 6C. Teknologi baru tersebut selanjutnya hadir dengan beberapa struktur tab baterai terkemuka di industri, tiga pompa pengisian paralel, dan MCU (Unit Mikrokontroler) terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi pengisian daya.

Teknologi pengisian daya 125W mendukung teknologi pengisian arus utama seperti 65W PD (Power Delivery) dan 125W PPS (Programmable Power Supply). OPPO mengatakan hanya perlu 5 menit untuk mengisi baterai 4000mAh hingga 41% sedangkan baterai yang sama bisa terisi penuh dalam 20 menit.

Mengingat adanya watt yang sangat tinggi saat dimasukkan ke dalam smartphone, OPPO juga telah mengerjakan fitur perlindungan keamanannya dengan menambahkan 10 sensor suhu lagi untuk memantau status pengisian daya. Langkah-langkah keamanan lainnya termasuk perlindungan tegangan lebih pada sekring, kabel Type-C ke Type-C serta algoritma enkripsi berkekuatan tinggi 128-bit.

Terkait dengan model OPPO pertama yang akan dikirimkan dengan adaptor 125W, hingga saat ini masih belum diketahui. Mengingat OPPO akan merilis seri Find X3 pada Q1 tahun depan, kemungkinan seri tersebut yang bakal memiliki adaptor 125W di dalam kotak ritel.

Baca Juga : BlizzCon Akan Digelar Online dan Bisa Ditonton Gratis

(af)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler