Elon Musk: Saya Dalam Proses Meluncurkan ‘Neuralink’, Produk yang Dapat Menghubungkan Otak ke Komputer

Neuralink
Foto: Hacker Noon

Teknologi.id – Elon Musk adalah tokoh bisnis, penemu dan industrialis yang telah berhasil menciptakan terobosan luar biasa di bidang teknologi. Kali ini Elon Musk akan segera mengumumkan ‘Neuralink’ sebuah produk yang dapat membuat siapa pun menjadi manusia super dengan menghubungkan otak mereka ke komputer.

Tentang Neuralink

Neuralink adalah campuran ilmu futuristik dan operasi otak. Menghubungkan otak manusia secara langsung ke komputer dan perangkat elektronik lainnya melalui implan cybernetic memungkinkan pikiran untuk berinteraksi dengan gadget dan program, dan inilah yang akan menjadi inti dari Neuralink.

Neuralink diharapkan akan menyelamatkan umat manusia, dengan membantu mengecoh mesin-mesin super-cerdas di masa depan ketika mereka mencoba mengambil alih Bumi.

Di masa depan, robot yang sangat pandai akan mendominasi hidup kita, dan Musk berpendapat kita perlu berpikir seperti mesin untuk menghindari kehancuran.

Robot super pintar pada akhirnya akan menjadi sangat canggih sehingga mereka berusaha menggulingkan pembuatnya.

Neuralink bekerja meningkatkan kecepatan data antara otak dan komputer, sehingga akan memberi manusia kesempatan yang lebih baik untuk bersaing dengan AI.

Musk mengatakan teknologi barunya ini akan mampu menggabungkan manusia dengan komputer, memberikan kita kesempatan untuk menjadi “simbiosis” dengan kecerdasan buatan.

Argumen Musk

Musk berargumen bahwa karena kita (manusia) secara praktis sudah terhubung dengan ponsel kita, kita sudah cyborg. Kita tidak sepintar yang kita bisa mungkin karena tautan data antara informasi yang dapat kita peroleh dari ponsel ke otak kita tidak secepat yang seharusnya.

Dalam sebuah wawancara Elon menjelaskan seberapa jauh perbedaan manusia cyborg ini dengan manusia biasa, dan seberapa jauh mereka bisa meningkat secara radikal.

“Seberapa pintar Anda dengan ponsel atau komputer atau tanpa keduanya? Anda jauh lebih pintar, sebenarnya, ”kata Musk.

“Anda bisa menjawab pertanyaan apa pun dengan cukup instan. Anda dapat mengingat dengan sempurna. Ponsel Anda dapat mengingat video dan gambar dengan sempurna. Ponsel Anda sudah merupakan perpanjangan dari Anda. Anda sudah menjadi cyborg. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa Anda sudah menjadi cyborg. Hanya saja kecepatan data … lambat, sangat lambat. Ini seperti sedotan kecil aliran informasi antara diri biologis Anda dan diri digital Anda. Kita perlu membuat sedotan kecil seperti sungai raksasa, antarmuka besar, bandwidth tinggi. ”

Baca juga: Jack Ma Sebut Revolusi Teknologi Bisa Jadi Penyebab Perang Dunia III 

Musk mengatakan teknologi semacam ini pada akhirnya dapat memungkinkan manusia untuk membuat potret diri mereka yang dapat hidup jika tubuh kita mati.

“Jika diri biologismu mati, Anda dapat mengunggah ke unit baru. Secara harfiah, “kata Musk.

Musk mengatakan dia pikir ini akan memberi manusia kesempatan lebih baik melawan kecerdasan buatan (AI).

“Skenario penggabungan dengan AI adalah yang tampaknya mungkin yang terbaik. Jika Anda tidak bisa mengalahkannya, bergabunglah, ”kata Musk.

Perkembangan Neuralink

Neuralink masih dalam tahap awal dan saat ini sedang merekrut sejumlah posisi di situs webnya.

Tetapi Musk baru-baru ini menggoda bahwa kita dapat mengharapkan beberapa berita dari perusahaan pada awal 2019.

“Saya pikir kami akan memiliki sesuatu yang menarik untuk diumumkan dalam beberapa bulan … itu lebih baik daripada yang diperkirakan orang,” tukasnya dalam sebuah wawancara .

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *