MWC 2020 Batal Digelar karena Wabah Virus Corona

Teknologi.id . February 13, 2020

MWC 2020

Foto:IT Pro


Teknologi.id - GSMA selaku pihak penyelenggara Mobile World Congress (MWC 2020) memutuskan untuk membatalkan acara tahunan tersebut. Pembatalan pameran telekomunikasi terbesar di dunia, MWC 2020 dilatarbelakangi wabah virus corona.

Seharusnya, ajang pameran teknologi dan telekomunikasi ini bakal digelar pada 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol.

"Dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan, GSMA membatalkan MWC 2020. Kekhawatiran wabah virus corona, kekhawatiran perjalanan dan keadaan lainnya membuatnya tidak mungkin (untuk digelar). Pemerintah tuan rumah menghormati dan memahami keputusan ini," kata CEO GSMA John Hoffman dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari The Verge, Kamis (13/2/2020)

Baca juga: Diklaim 8 Kali Lebih Cepat, Tri Indonesia Resmi Pakai Jaringan 4,5G Pro

Pembatalan ini menjadi sejarah lantaran selama 33 tahun dihelat, belum pernah sebelumnya MWC dibatalkan.

Langkah pembatalan MWC 2020 diambil setelah sejumlah vendor ternama mengundurkan diri dari acara tahunan tersebut karena ancaman virus corona. Beberapa vendor yang sudah menyatakan mundur antara lain seperti Nokia, ZTE, Vivo, Sony, Vodafone, NTT, Intel, Facebook, Nvidia, LG, Amazon, Ericsson dan lain-lain.

MWC yang bisa mengumpulkan ratusan ribu orang dari berbagai negara ditakutkan bisa menjadi ajang penularan virus, walaupun GSMA sempat menyatakan bakal mengambil langkah-langkah preventif.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Harga Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra di Indonesia

Ajang MWC setiap tahunnya dihadiri tak kurang dari 100.000 pengunjung dan ribuan perusahaan. Menurut GSMA, ada sekitar 6.000 orang peserta yang berangkat dari China.

Meski tidak dihelat tahun ini, GSMA mengungkapkan MWC akan tetap digelar di tahun-tahun berikutnya.

“GSMA dan kota tuan rumah akan terus bekerja sama untuk mewujudkan MWC Barcelona 2021 dan seterusnya,” ujar GSMA, seperti dikutip dari dari The Verge, Kamis (13/2/2020).

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar