Microsoft Segera Berlakukan Login Tanpa Password di Windows 10

Kemala Putri . May 13, 2019
Microsoft Segera Berlakukan Login Tanpa Password di Windows 10
Foto: Microsoft
Teknologi.id - Microsoft sebentar lagi bakal memberlakukan login tanpa kata sandi (password) pada Windows 10 versi mendatang. Hal ini karena Microsoft Windows Hello telah menerima sertifikasi FIDO2. Dengan sertifikasi FIDO2 Windows Hello, Microsoft menempatkan 800 juta pengguna Windows 10 selangkah lebih dekat dengan dunia tanpa password.
“FIDO2 adalah seperangkat standar yang memungkinkan login yang mudah dan aman ke situs web dan aplikasi melalui biometrik, perangkat seluler dan / atau Kunci Keamanan FIDO. Pengalaman login FIDO2 yang lebih sederhana didukung oleh keamanan kriptografi yang kuat yang jauh lebih unggul daripada kata sandi, melindungi pengguna dari phishing, semua bentuk pencurian kata sandi dan serangan replay, "seperti di jelaskan Aliansi FIDO dalam siaran pers.
Update Windows 10 Mei 2019 membuat pengguna Windows 10 versi 1903 bisa login ke gadget, aplikasi dan platform online menggunakan biometrik atau PIN, bukan password. Ini artinya, pengguna Microsoft Edge, Google Chrome dan Mozilla Firefox bakal login dengan facial-recognition dan sensor fingerprint. Tak hanya itu, sistem biometrik ini bakal mengijinkan pengguna untuk mengakses program Windows seperti Outlook.com, Office 365, Skype, Xbox Live di PC dan lainnya.

Baca juga: Microsoft Luncurkan ‘ElectionGuard’, Software Open Source Pemantau Pemilu

Dengan pengguna aktif sekitar 800 juta, dampaknya tentu akan langsung terasa. "Tidak ada yang menyukai password, kecuali hacker," ungkap Yogesh Mehta dari Microsoft, dalam postingan blognya. Kebanyakan orang tidak suka kata sandi karena mereka harus selalu mengingatnya. Oleh karena itu, orang cenderung membuat kata sandi yang mudah ditebak, tapi akibatnya ia menjadi target pertama peretas. Bulan lalu, Microsoft mengungkapkan kebijakan kadaluarsa kata sandi (password expiration policies) tidak berguna dan kemudian membuangnya dari pengaturan dasar keamanan Windows 10 v1903. Saat ini Microsoft sedang fokus mengembangkan teknologi untuk menghilangkan password dari seluruh sistem. (DWK)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar