Korsel Uji Teknologi Deteksi Wajah untuk Lacak Pasien Covid-19

Fabian Pratama Kusumah . December 13, 2021

Foto: CNN Indonesia

Teknologi.id - Korea Selatan (Korsel) segera meluncurkan proyek percontohan yang menggunakan kecerdasan buatan dan pengenalan wajah untuk melacak pergerakan orang yang terinfeksi virus Covid-19.

Teknologi ini juga digabung ribuan kamera CCTV untuk melacak pergerakan orang terinfeksi Covid-19.

Proyek ini akan mulai beroperasi pada Januari 2022. Inovasi ini diapresiasi kendati ada kekhawatiran soal ruang privat publik.

Sistem ini menggunakan algoritma AI dan teknologi pengenalan wajah yang menganalisis rekaman 10.820 kamera CCTV untuk melacak pergerakan orang yang terinfeksi.

Selain itu AI juga melacak individu yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19, dan apakah mereka menggunakan masker atau tidak.

Dalam penawaran pendanaan nasional untuk proyek percontohan pada akhir 2020, Walikota Bucheon Jang Deog-cheon berpendapat bahwa sistem seperti itu akan membuat penelusuran lebih cepat.

Sistem Bucheon ini mampu secara bersamaan melacak hingga sepuluh orang dalam lima hingga sepuluh menit.

Cara tersebut memotong waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan manual yang memakan waktu sekitar setengah jam hingga satu jam dalam melacak satu orang.

Baca juga: Ilmuwan Buat Kamera Resolusi Tinggi Seukuran Garam, ini Tujuannya

Namun cara ini menimbulkan pro dan kontra. Para pembela hak asasi manusia dan beberapa anggota parlemen Korea Selatan telah menyatakan kekhawatirannya bahwa pemerintah akan menyimpan dan memanfaatkan data tersebut bukan hanya untuk pandemi.

Pejabat Bucheon mengatakan tidak ada masalah privasi karena sistem menempatkan mosaik di wajah siapa pun yang bukan subjek.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan penggunaan teknologi tersebut sah selama digunakan dalam bidang hukum pengendalian dan pencegahan penyakit.

(AR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar