Kominfo Resmikan NextICorn, Upaya Pemerintah Percepat Munculnya Unicorn Baru

NextICorn
Foto: dok. Kominfo

Teknologi.id – Dalam upaya menyambut percepatan pembangunan ekosistem digital di Indonesia, Menkominfo, Rudiantara meresmikan Yayasan Next Indonesia Unicorn (NextICorn) di Greenhouse, Multivision Tower, Jakarta, Jumat (05/04/2019).

Menkominfo Rudiantara berharap agar industri digital bisa berkembang lebih cepat dan terjaga lebih baik dalam jangka panjang melalui pembentukan yayasan ini.

Yayasan NextICorn didirikan dengan tujuan melembagakan keberlangsungan kerja sama pemerintah dengan ekosistem yang diwakili oleh tokoh-tokoh yang telah memberikan warna bagi wajah ekonomi digital di Indonesia, melalui program-program NextICorn selama ini.

Tokoh tersebut termasuk founder dari Unicorns Indonesia, yaitu William Tanuwijaya dari Tokopedia, Nadiem Makarim dari Go-Jek, dan Achmad Zaky dari Bukalapak.

Baca juga: Siapa Saja Unicorn Indonesia dan Siapa List Investornya? 

Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa pemerintah memiliki peranan sebagai fasiliator dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia. Selain itu juga sekaligus menjadi fasilitator untuk membimbing startup ke level Unicorn hingga Decacorn.

“Ke depan, yayasan ini selain memfasilitasi startup menjadi Unicorn bisa dikembangkan untuk memfasilitasi Unicorn menjadi Decacorn,” imbuhnya.

Fasilitas yang disediakan oleh NextICorn sendiri tidak hanya dalam hal akses bertemu dengan Ventur Capital (VC) idaman saja. Namun juga membuka kesempatan pendanaan, teknologi, pemasaran, maupun dukungan model usaha.

Baca juga: Mengenal 6 Level Valuasi Perusahaan Startup Digital 

Terkait perkembangan start up digital, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong, juga menyampaikan pendapatnya tentang yayasan ini.

Ia menyampaikan optimismenya tentang keberadaan Yayasan NextICorn sebagai vehicle bagi startup untuk bisa tumbuh. Serta meminimalisasi efek dari fenomena “buble burst” (fenomena lonjakan harga tidak normal).

Thomas mengatakan jika BKPM tidak hanya jadi pembina para start up, namun juga berperan untuk dapat memberikan dukungan lain, seperti modal atau sponsorship.

“Kami akan membantu dengan dukungan yang memungkinkan dari segi sponsorship maupun dukungan-dukungan lainnya,” tutup Thomas Lembong.

Tentang NextICorn

NextICorn, atau Next Indonesia Unicorn, adalah sebuah kerja sama antara industri (swasta) dan pemerintah. Kerja sama mencari startup-startup terbaik di Indonesia yang siap menerima investasi baik asing maupun dalam negeri.

Dibentuk pada tahun 2017 dengan gagasan bersama antara Kominfo dengan start up yang sedang berkembang saat itu seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, MatahariMall, dan Kaskus.

Pada tahun 2018, NextICorn menggelar dua pertemuan internasionalnya di Bali. Pada pertemuan ini, NextICorn berhasil memfasilitas masing-masing lebih dari 1,000 pertemuan one-on-one dalam 2 hari antara 100 most investable startups Indonesia yang sudah dikurasi dengan 125 pemodal ventura berkaliber atas baik asing maupun dalam negeri.

Ke depannya, melalui Yayasan NextICorn, akan lebih banyak dihadirkan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan keberadaan startup calon unicorn baru. Kegiatan itu meliputi recruitment, konvensi, hingga summit.

Program NextICorn ini sendiri telah menjadi program ASEAN. Selain itu juga sudah menerima permintaan benchmark dan adopsi dari beberapa negara di antaranya Korea, Singapore, Amerika Serikat, dan Arab Saudi.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *