Kemkominfo Buka 25.000 Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019

Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019
Foto: AntaraNews

Teknologi.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjawab tantangan kekurangan talenta di dunia digital Indonesia dengan menghadirkan lagi program “Digital Talent Scholarship” demi mencetak anak muda Indonesia yang terampil di bidang teknologi.

Pada tahun lalu program beasiswa ini diberikan untuk 1.000 orang, sementara tahun ini Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) menambah kuota bertambah hingga 25.000 orang.

Para peserta program nantinya akan dilatih secara intensif agar menguasai hardskill dan softskill di bidang teknis Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, hingga Machine Learning.

Baca juga: Siapkan Talenta Digital, Beasiswa Pelatihan Teknologi Hadir Lagi April 2019

“Program Digital Talent Scholarship ditujukan untuk menyediakan talenta yang dibutuhkan dalam Revolusi Industri 4.0,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, seperti dikutip dari laman Sekretaris Kabinet (Setkab).

Sebanyak 25.000 peserta nantinya akan mengikuti pelatihan yang dikemas dalam empat akademi. Setiap akademi memiliki kriteria tertentu bagi pesertanya.

Keempat akademi tersebut yakni:

  1. Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK (atau yang terkait). Program ini terbuka bagi penyandang disabilitas.
  2. Vocational School Graduate Academy (VSGA), program pelatihan intensif bagi lulusan SMK.
  3. Coding Teacher Academy (CTA), yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS).
  4. Online Academy (OA), program pelatihan online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo akan mengelola beasiswa tersebut. Ada 31 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang bermitra, 23 Politeknik dan 4 perusahaan teknologi global antara lain AWS, Cisco, Google dan Microsoft.

Baca juga: Kominfo Gelar IoT Makers Creations 2019, Cari IoT Makers Lokal

Pendaftaran online dan informasi terkait program beasiswa ini bisa dilihat di digitalent. kominfo.go.id.

Adapun pendaftaran dibuka sejak 20 April-19 Mei 2019. Jangan lewatkan kesempatan ini dan pastikan dirimu menjadi talenta digital andal Indonesia!

(DWK)

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending