Kategori Aplikasi Paling Populer di Apple App Store pada Mei 2018

Statistik di bawah ini menunjukkan kategori paling populer di Apple App Store. Pada bulan Mei 2018, aplikasi kategori bisnis adalah aplikasi paling populer kedua, dengan pangsa 9,78 persen dari semua aplikasi yang aktif. Sementara aplikasi paling populer pertama ditempati oleh aplikasi games dengan pangsa 24,93%. Mulai Juni 2017, lebih dari 180 miliar aplikasi diunduh dari App Store.

Informasi tambahan mengenai Apple App Store

Apple App Store adalah platform di mana pengguna dapat menelusuri dan mengunduh aplikasi untuk perangkat Apple. App Store diluncurkan pada tahun 2008, dan jumlah aplikasi yang tersedia di App Store telah tumbuh secara konsisten sejak dirilis. Mulai Januari 2017, Apple App Store memiliki 2,2 juta aplikasi seluler yang tersedia untuk diunduh.

Aplikasi game adalah aplikasi paling populer berdasarkan ketersediaan, karena sekitar 23 persen dari semua aplikasi tersedia dalam kategori ini. Gaming juga merupakan kategori aplikasi dengan keterlibatan pengguna ponsel yang tinggi – pada bulan Juni 2016, 88 persen waktu game digital dihabiskan melalui aplikasi seluler. Mulai April 2018, Fortnite adalah aplikasi game terlaris teratas, menghasilkan lebih dari 1,9 juta dolar AS dalam pendapatan per hari. Harga rata-rata untuk aplikasi game adalah sekitar 48 sen, sedangkan harga aplikasi rata-rata lebih dari satu dolar AS. Model pendapatan aplikasi umum mencakup aplikasi gratis dengan pembelian dalam aplikasi, aplikasi berbayar tanpa pembelian dalam aplikasi, dan aplikasi berbayar dengan pembelian dalam aplikasi. Aplikasi game sering menghasilkan pendapatan melalui pembelian item dalam game.

Bisnis adalah kategori paling populer kedua di Apple App Store, terhitung sekitar 10 persen dari semua aplikasi yang tersedia, diikuti dengan ketat oleh kategori pendidikan. Gaya hidup dan hiburan melengkapi 5 daftar kategori aplikasi iOS terpopuler teratas. Dua terakhir ini, gaya hidup dan hiburan, memiliki jangkauan pasar yang luas, karena keduanya memiliki sekitar 63 persen jangkauan di antara pengguna ponsel iOS global per Desember 2016. nks

Sumber: Statista.

Baca juga: Jumlah Aplikasi yang Tersedia di Google Play Store.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *