Jerman Luncurkan Kereta Hidrogen Pertama di Dunia

Jerman meluncurkan kereta bertenaga hidrogen pertama, dibuat oleh kelompok Prancis Alstom yang juga membangun TGV berkecepatan tinggi. Kredit : phys.org

 

Teknologi.id – Jerman pada Senin lalu meluncurkan kereta bertenaga hidrogen pertama di dunia. Menandakan dimulainya dorongan untuk menantang kekuatan truk diesel yang mencemari dengan teknologi yang lebih mahal tetapi lebih ramah lingkungan.

Dua kereta api Coradia iLint berwarna biru terang, yang dibangun oleh pembuat TGV Perancis, Alstom, mulai menjalankan rute sepanjang 100 kilometer (62 mil) antara kota dan kota Cuxhaven, Bremerhaven, Bremervoerde dan Buxtehude di Jerman utara, hamparan yang biasanya dilewati oleh kereta api diesel.

“Kereta hidrogen pertama di dunia memasuki layanan komersial dan siap untuk produksi berseri,” kata CEO Alstom Henri Poupart-Lafarge. Upacara peresmian dilakukan di Bremervoerde, stasiun tempat kereta api akan diisi ulang dengan hidrogen.

Alstom mengatakan berencana untuk mengirim 14 lagi dari kereta nol-emisi ke negara bagian Lower Saxony pada 2021. Sedangkan negara-negara Jerman lainnya juga menyatakan minat.

Kereta hidrogen dilengkapi dengan sel bahan bakar yang menghasilkan listrik melalui kombinasi hidrogen dan oksigen, sebuah proses yang meninggalkan uap dan air sebagai satu-satunya emisi. Sedangkan kelebihan energi disimpan dalam baterai lithium ion di atas kereta.

Kereta api Coradia iLint dapat berjalan sekitar 1.000 kilometer pada satu tangki hidrogen, mirip dengan berbagai kereta diesel.

Alstom bertaruh pada teknologi sebagai alternatif yang lebih hijau dan lebih tenang pada jalur kereta api non-listrik. Prospek yang menarik bagi banyak kota Jerman yang berjuang untuk memerangi polusi udara.

“Tentu, membeli kereta hidrogen agak lebih mahal daripada kereta diesel, tetapi lebih murah untuk dijalankan,” kata Stefan Schrank, manajer proyek di Alstom.

Negara-negara lain juga melihat kereta api hidrogen, kata Alstom, termasuk Inggris, Belanda, Denmark, Norwegia, Italia dan Kanada. Di Perancis, pemerintah telah mengatakan ingin kereta hidrogen pertama berada di rel mereka pada tahun 2022.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending