iOS 13 Sudah Bisa Dicoba di iPhone, Begini Caranya

iOS 13 Sudah Bisa Dicoba di iPhone, Begini Caranya
Foto: The Verge

Teknologi.id – Apple resmi merilis versi beta publik iOS 13, hari ini Selasa (25/6/2019) yang dapat dicoba oleh perangkat tertentu setelah sebelumnya diperkenalkan dalam ajang tahunan WWDC pada awal bulan ini.

Apple memberikan kesempatan bagi non-pengembang untuk menguji perangkat lunak sebelum dirilis secara masif pada musim gugur mendatang.

Melansir The Verge, iOS 13 beta publik sudah bisa diinstal di sejumlah perangkat iPhone, iPad, dan iPod yang mendukungnya.

Baca juga: iOS 13 Dikabarkan Bawa ‘Mode Gelap’ untuk iPhone

Untuk iPhone, seri yang mendukung di antaranya iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8, Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPhone SE.

Untuk iPad, perangkat yang mendukung meliputi 12.9-inch iPad Pro 3rd generation, 12.9-inch iPad Pro 2nd generation, 12.9-inch iPad Pro 1st generation, 10.5-inch iPad Pro, 9.7-inch iPad Pro, iPad Air 3rd generation, iPad Air 2, iPad 6th generation, iPad 5th generation, iPad mini 5th generation, dan iPad mini 4.

Sementara untuk iPod, hanya satu seri yang mendukung, yaitu iPod touch 7th generation.

Bagi pengguna yang ingin mencoba iOS 13 dan iPadOS, caranya mudah. Pengguna cukup masuk ke dalam tautan berikut ini melalui perangkat yang akan dipasang iOS 13.

Baca juga: ‘Harry Potter: Wizard Unite’, Game Sihir Berteknologi AR Rilis Besok di Android dan iOS

Setelah itu, lakukan login ke akun milik pengguna. Setelah login, pilih menu “enroll your devices” pada bagian atas halaman yang akan menampilkan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memutakhirkan sistem operasi ke iOS 13.

Kemudian, ikuti petunjuk yang ada untuk memperbarui secara otomatis.

Namun perlu diketahui, proses download dan instal ini dilakukan secara over the air (OTA) sehingga membutuhkan koneksi internet yang stabil dan kuota yang besar untuk melakukan pembaruan.

Fitur Baru di iOS 13

iOS 13 memiliki serangkaian fitur baru yang tidak dimiliki iOS versi sebelumnya. Salah satunya yang cukup banyak dinanti adalah mode gelap alias “dark mode”.

Selain itu, Apple juga memberi serangkaian pembaruan untuk foto dan peta. Ada pula fitur gesture control baru yang memungkinkan pengguna untuk membatalkan input teks dengan menggunakan tiga jari.

Tak hanya itu, Apple juga meningkatkan keamanan privasi pada iOS 13. Pada sistem operasi terbaru ini, pengguna bisa memilih untuk memberi data lokasi kepada aplikasi hanya satu kali saja.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending