Instagram Punya Fitur AR untuk Coba Barang Dulu Sebelum Beli

instagram AR
Foto: Business of Apps

Teknologi.id – Belanja online saat ini lebih diminati lantaran dapat menghemat waktu dan biaya ongkos. Namun, ada satu kekurangan belanja online yakni pembeli tidak bisa menjajal lebih dulu barang yang akan dibeli. Nah, Instagram belakangan mencoba memecahkan masalah itu lewat fitur berteknologi Augmented Reality (AR).

Dengan fitur tersebut pengguna bisa mencoba produk yang dijual secara virtual untuk melihat apakah produk tersebut cocok untuk dikenakan atau tidak.

Baca juga: Instagram Diam-diam Hapus Fitur “Following tab”

Untuk saat ini baru dua jenis produk yang bisa memanfaatkan AR di Instagram, yakni produk kosmetik dari Marc dan Nars serta produk kacamata dari Rayban atau Warby Parker.

Hasil gambar untuk AR instagram feature buy
Foto: Engadget

Meski demikian, Instagram mengatakan akan memperluas ketersediaan fitur tersebut agar bisa digunakan oleh lebih banyak produk-produk lain.

Dilansir dari laman Engadget, Selasa (8/10/2019), untuk mencoba fitur ini caranya cukup mudah. Pengguna cukup pilih ‘checkout’ pada barang yang akan dibeli, lalu pada bagian bawah akan muncul pilihan “try it on” untuk mencoba produk yang akan dibeli sebelum dibayar. Setelah dirasa cocok pilih ‘adding to your cart’.

Baca juga: Instagram Rilis Fitur “Restrict” untuk Cegah Bullying, Begini Cara Kerjanya

Pihak Instagram sendiri berharap, nantinya pengguna yang telah mencoba produk menggunakan AR bisa membagikan pengalamannya melalui Instagram Storiesdengan harapan produk tersebut menjadi viral dan dapat dijangkau lebih banyak konsumen.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending