Inilah 4 Inovasi Teknologi di Tahun 2017 yang Mengubah Dunia

Tahun 2017 sudah terlewati. Dan mungkin tahun itu merupakan tahun yang berat bagi kebanyakan orang. Namun apakah kamu tahu? Ada banyak penemuan dan inovasi di tahun 2017 yang membuat dunia menjadi tempat yang sedikit lebih baik.

Penemuan dan inovasi itu dimulai dari bidang kesehatan global hingga bantuan kemanusiaan yang diciptakan oleh banyak ilmuwan, teknolog, dan aktivis dengan tujuan menciptakan solusi yang berdampak bagi beberapa masalah yang memang mendesak.

Berikut ini Teknologi.id tampilkan 4 penemuan dan inovasi di tahun 2017 yang sangat bermanfaat dan bisa mengubah dunia dilansir dari Mashable.com.


Mainan kertas yang dapat membantu mendiagnosa penyakit

Perangkat kertas yang dibuat dengan harga 20 sen ini dapat membantu para ilmuwan dan dokter mendiagnosis penyakit seperti malaria dan HIV dalam beberapa menit dan tidak memerlukan listrik.

The Paperfuge, dikembangkan oleh Manu Prakash, asisten profesor bioteknologi Stanford, adalah perangkat pemutar bertenaga tangan yang terinspirasi dari mainan berputar-putar. Alat ini dapat menyimpan sampel darah pada disk hanya dengan menarik tali, kemudian sampel diputar dengan sangat cepat untuk memisahkan darah dari plasma.

 

Lengan robot lunak yang dapat memulai mengatasi gagal jantung

Para peneliti di Harvard University dan Boston Children’s Hospital menciptakan lengan robot lunak yang dapat disesuaikan untuk membungkus jantung yang gagal dan memerasnya sehingga memungkinkan kembali darah mengalir ke seluruh tubuh. Dalam tes yang dilakukan pada babi, alat tersebut memungkinkan jantung hewan untuk mulai memompa lagi.

Bot terjemahan Facebook untuk para pengungsi

Tarjimly adalah bot terjemahan Facebook yang menghubungkan pengungsi dengan penerjemah sukarela, di mana pun mereka berada di dunia. Apakah mereka perlu berbicara dengan dokter, pekerja bantuan, perwakilan hukum, atau layanan penting lainnya. Pengguna dapat memanfaatkan Facebook Messenger untuk mendapatkan terjemahan real-time dan berpotensi menyelamatkan nyawa di tempat.

Kacamata pintar yang membantu orang buta untuk melihat

ESight 3 adalah seperangkat kacamata elektronik yang dapat secara drastis meningkatkan visi penyandang tuna netra dan membantu mereka melihat dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah.

Perangkat menggunakan kamera untuk mengirim gambar ke layar ganda kecil di depan mata mereka. Dua sensor menyesuaikan fokus, sementara remote genggam memungkinkan pengguna memperbesar dan membandingkan fungsi-fungsi lainnya. Untuk pengguna dengan visi 20/400, misalnya, dapat meningkatkan penglihatan mereka hingga 20/25.

Sumber: Mashable.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *