5G Baru Datang, Huawei Sudah Memulai Penelitian pada Jaringan 6G

Fahad Mulyana . August 15, 2019
Teknologi.id - Jaringan 5G saat ini baru tersedia di beberapa negara saja. Namun, Huawei dikabarkan sudah memulai penelitian pada solusi jaringan generasi keenam, alias 6G, di laboratoriumnya yang berlokasi di Ottawa, Kanada. Berdasarkan laporan GSM Arena, Huawei bekerja sama dengan lebih dari 13 universitas dan institut penelitian terkait dengan jaringan 6G dan peluang pengaplikasiannya. Meski demikian, Huawei meyakini jika teknologi 6G baru bisa dikomersialkan setelah 2030.

Baca juga: Ilmuwan Berhasil Cetak Jantung 3D Menggunakan Jaringan Manusia

Pada awal 2019 beredar kabar bahwa Samsung juga sudah memulai risetnya untuk 6G di Seoul, Korea Selatan. Maka kabar Huawei ikut memulai proses penelitian pada jaringan 6G ini pun tidaklah mengejutkan, karena tentunya mereka tak ingin kalah start dibanding perusahaan lain untuk mengembangkan jaringan terbaru tersebut.
Secara keseluruhan, semua proses penelitian dan pengembangan ini terbilang masih dalam tahap awal. Pasalnya hingga saat ini belum tersedia standar jelas untuk jaringan tersebut.
Dan seluruh penelitian terkait jaringan 6G diduga masih dalam tahap pengembangan teoritis, belum mencapai proses praktis. 
(FM)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar