Harga PS 5 Melambung 2x Lipat di Hong Kong, Kenapa ?

Annisa Fadillah . November 20, 2020

Foto : Gizmochina

Teknologi.id - Setelah Sony meluncurkan konsol game generasi terbarunya, yakni Sony PlayStation 5 (PS 5) di wilayah tertentu seperti Amerika Serikat dan Jepang pada 12 November lalu. Kemudian, perusahaan membuatnya tersedia di lebih banyak wilayah pada 19 November. Hong Kong adalah salah satu negara tempat Sony PS5 diluncurkan kemarin (19/11).

Sementara perangkat diluncurkan di beberapa negara, pihak Sony sendiri masih berjuang untuk memenuhi permintaan pasar, dan itu menyebabkan inflasi harga. Sesuai laporan, di Hong Kong, PlayStation 5 dijual seharga HK $ 7.980, yaitu sekitar $ 1.029 (Rp 14.6 jutaan) oleh pengecer. Harga ini menjadi dua kali lipat biaya konsol, yang secara resmi dihargai $ 499 (Rp 7 jutaan) untuk Versi Standar.

Baca Juga : Resmi Dipasarkan, PS5 Langsung Sold Out di Berbagai Negara

Dengan musim liburan yang sedang berlangsung, tampaknya pasokan atau ketersediaan PS5 tidak akan membaik dalam waktu dekat. Kita tentunya berharap jika Sony bisa mengebut produksi konsol ini sebelum Natal, agar harga yang ada di pasaran tidak melambung lebih tinggi. Sebetulnya, laporan kekurangan pasokan konsol game yang baru diluncurkan bukanlah hal baru, tetapi pandemi COVID-19 telah memperburuk situasi karena berdampak signifikan terhadap rantai pasokan.

Sony PlayStation 5 memiliki dukungan CPU AMD Zen 2 octa-core kustom dan GPU berbasis AMD Radeon RDNA 2 kustom yang dijanjikan akan memberikan kekuatan grafis sebesar 10,28 teraflops. Konsol game ini dibekali dengan kapasitas RAM GDDR6 16 GB.

Dikemas dengan penyimpanan SSD 825GB yang memiliki throughput 5,5GB/s. Pengguna akan dapat memperluas penyimpanan menggunakan SSD M.2 bersertifikat Sony, tetapi perusahaan telah mengonfirmasi bahwa itu akan tersedia di masa mendatang dan belum tersedia untuk saat ini.

PlayStation 5 hadir dengan 2 versi, yakni Versi Standar dan Versi Digital. Perbedaan antara Versi Standar dan Versi Digital adalah pada Versi Digital tidak memiliki Disk Drive yang mendukung 4K UHD Blu-ray. Kemudian, PlayStation 5 mendukung output hingga 8K dan menjanjikan grafik 4K hingga refresh rate 120Hz. 

Untuk Indonesia, saat ini PlayStation 5 hanya tersedia dalam pre-order dan untuk fisiknya sendiri akan resmi dipasarkan pada Januari 2021. Harga pre-order PlayStation 5 di Indonesia yang sudah ditetapkan adalah :

  • PS5 Versi Digital – Rp 7.299.000
  • PS5 Versi Standar – Rp 8.799.000

Harga tersebut belum termasuk dengan aksesoris seperti Controller DualSense, Headset, serta HD Camera, dan bahkan game-nya itu sendiri.

Baca Juga : Resmi! Berikut List Harga dan Daftar Toko PS5 di Indonesia

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler