Google Janjikan Android 12 Lebih Ramah untuk Developer

Indah Mutia Ayudita . September 29, 2020

Ilustrasi. Foto: getdroidtips

Teknologi.id - Google menjelaskan beberapa perubahan aturan untuk developernya dan berjanji untuk memudahkan masuknya aplikasi pihak ketiga di Android 12.

Pengumuman ini dibuat setelah muncul banyak kekhawatiran mengenai pengembangan aplikasi Android setelah Google membatasi pengembangan aplikasi pihak ketiga untuk Android 11.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Ultrabook Terjangkau, ALLDOCUBE i7Book

Pengguna Android masih bisa menginstall aplikasi melalui store pihak ketiga seperti Galaxy Store milik Samsung. Berdasar masukkan yang diterima dari para pengembang, Google akan menambahkan fitur yang memudahkan orang-orang untuk menaruh aplikasinya di app store tanpa harus khawatir mengenai keamanan.

Sekarang Google juga mewajibkan seluruh developer yang menjual produknya di Google Play Store untuk menggunakan sistem pembayaran Google Play. Aplikasi yang belum menggunakan sistem pembayaran google Play diminta untuk menambahkannya sampai 30 September 2021 mendatang.

Baca juga: Mengapa Perkantoran Membutuhkan Digital Signage?

Hal inilah yang memulai permasalahan antara Epic Games dengan Google. Game buatan Epic Games, Fortnite dihapus dari Play Store sejak bulan Agustus setelah Epic menambahkan opsi pembayaran alternatif pada game-nya.

Kini Fortnite bisa diunduh melalui aplikasi toko pihak ketiga dan website resmi Epic Games. Google sendiri sepertinya tidak berniat menyerah terhadap perseteruan ini, bahkan menjadikan Fortnite sebagai contoh meskipun secara bisnis tidak bisa bekerja sama dengan Google, para pengembang masih bisa mendistribusikan aplikasinya di platform Android.

(im)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler