Fitur Baru Google Ini Bantu Guru Ungkap Murid yang Lakukan Plagiarisme

Google for Education
Sumber: Softonic

Teknologi.id – Google for Education baru-baru ini merilis fitur baru bernama Originality Reports yang berfungsi untuk membantu para guru dalam menangkal murid-muridnya menyontek atau melakukan plagiarisme.

Fitur ini akan menjadi bagian dari produk Google for Education lainnya, yakni Classroom dan Assignments, yang juga dirilis bersamaan.

Baca juga: Lebih Praktis, Begini Cara Login Google Pakai Sidik Jari

Fitur baru ini akan membantu guru memeriksa pekerjaan siswa untuk memastikan tugas mereka bukan berasal dari copy-paste sumber lain.

Tak hanya guru, fitur ini juga bisa digunakan oleh para siswa untuk memeriksa dan memastikan karya mereka tidak salah atau sama dengan sumber lainnya sebelum nantinya diberikan kepada guru.

Para siswa diberikan kesempatan tiga kali untuk memanfaatkan fitur cek and ricek ini.

Menurut Google, fitur ini dapat menghemat waktu guru saat menilai tugas dalam jumlah banyak. Selain itu, dengan fitur ini guru dapat memeriksa kutipan yang terlewat dan masalah lainnya.

Baca juga: Google Maps Segera Luncurkan Tampilan Peta Digital Berbasis AR

Originality Reports akan memeriksa kata atau kalimat pada tugas siswa yang diinput ke Google Assignments terhadap ratusan miliar halaman web dan puluhan juta buku yang menjadi koleksi Google.

Fitur pengecekan plagiarisme ini diluncurkan ke pengujian Google Assignments versi Beta. Untuk bisa mencoba fitur ini, pengguna bisa mendaftar terlebih dahulu di situs edu.google.com/assignments/.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending