Google Bikin Doodle Rayakan ‘Indonesia elections 2019’

Indonesia elections 2019
Foto: Screenshot Teknologi.id

Teknologi.id – Hari ini 17 April 2019 adalah pemilu 2019. Google turut merayakan pesta demokrasi di Indonesia dengan membuat doodle khusus pemilu.

Saat kamu membuka situs utama Google akan muncul gambar doodle yang menampilkan enam orang yang seakan mewakili keberagaman di Indonesia. Mereka berbaris dan menggenggam lima lembar surat suara dengan warna berbeda, yang siap untuk dimasukkan ke dalam kotak suara.

Doodle bertema Pemilu 2019 di Indonesia tersebut muncul dini hari pada tanggal pencoblosan. Doodle ini muncul khusus untuk wilayah Indonesia saja, menurut keterangan di situs Google.

Baca juga: Sambut Pemilu, Instagram Hadirkan Stiker Bertema ‘Suara Indonesia’ 

Ketika doodle di-klik, Google akan menampilkan laman pencarian dengan informasi seputar Pemilu 2019 di Indonesia. Namun, isinya bisa berbeda tergantung setelan bahasa.

Apabila disetel dalam bahasa Inggris, laman Google hasil search standar dengan kata kunci “Indonesia elections 2019”.

Sedangkan jika pengguna menyetel situs Google dalam bahasa Indonesia, mereka akan disuguhi laman hasil pencarian dengan kata kunci “cara memilih #Indonesia”.

Isinya -dalam bahasa Indonesia- adalah serangkaian informasi tentang cara memberikan suara pada saat pengguna berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui sebelum berangkat ke TPS.

Baca juga: Google Cloud Bangun Data Center di Indonesia, Mulai Beroperasi 2020

Pengguna bisa menemukan informasi via Wikipedia bahwa Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 2019 (biasa disingkat Pemilu Legislatif 2019) diselenggarakan pada 17 April 2019 untuk memilih 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Selain itu, ada 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia periode 2019–2024.

“Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07:00 – 13:00 waktu setempat,” tulis Google dalam laman itu.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *