Khawatirkan Keamanan Nasional, Google Bela Huawei

Kemala Putri . June 10, 2019
Teknologi.id - Google diketahui tengah membela Huawei terkait pemblokiran yang dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap perusahaan asal China itu. Dilansir dari laman Financial Times, Senin (10/6/2019), menurut Google seharusnya pemerintah AS bisa memberikan teknologi kepada Huawei untuk menjaga keamanan nasional AS. Inti dari argumen Google adalah Huawei akan lebih berbahaya jika mereka terpaksa menggunakan Android versi modifikasi atau hibrid.

Baca juga: Berbekal Kirin 710 dan RAM 6 GB, Huawei Maimang 8 Diluncurkan

Selain itu, Google berpendapat bahwa Android versi modifikasi itu akan lebih rentan untuk diretas, bahkan tak cuma oleh China. Jadi, menurut Google, lebih baik Huawei tetap diperbolehkan menggunakan OS Android seperti biasa karena keamanannya lebih terjamin. Google saat ini dilarang berbisnis dengan Huawei sama seperti perusahaan asal AS lainnya, karena adanya blacklist dari pemerintah AS. Yang berarti, Google tidak bisa menyediakan berbagai layanannya, termasuk Android dan dukungan terhadap sistem operasi tersebut.

Baca juga: Takkan Ada Aplikasi WhatsApp dan Facebook di Ponsel Terbaru Huawei

Karena tak bisa lagi menggunakan Android, Huawei dipaksa untuk menggarap OS-nya sendiri, yang bisa saja merupakan Android versi modifikasi, yaitu tanpa menyertakan Google Play Services. Salah satu komponen yang ada di Services itu adalah Play Protect, semacam antivirus untuk menandai malware, virus, dan ancaman keamanan lain. Smartphone tanpa komponen itu nantinya akan lebih mudah untuk dijebol. (DWK)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya