Google Analytics Punya Fitur Prediksi Jumlah Pengunjung Website dan Aplikasi

Indah Mutia Ayudita . July 15, 2020


Pada Audience Builder, pengguna bisa memilih set prediksi audiens. Foto: Google

Teknologi.id - Aplikasi machine learning membawa kita ke era prediksi pemasaran yang mana penawaran, iklan, serta penargetan audiens bisa dioptimalkan dengan perhitungan tertentu.

Salah satunya pada teknologi yang disisipkan pada Google Analytics untuk memprediksi audiens melalui properti App+Web.

Ketika membangun kumpulan audiens pada properti App+Web di Google Analytics, akan ada tool untuk memprediksi audiens dengan menggunakan metrik yang baru sebagai berikut:

  • Purchase Probability: probabilitas pengguna yang telah mengunjungi website atau aplikasi dan akan melakukan pembelian dalam jangka waktu 7 hari
  • Churn Probability: probabilitas pengguna aktif yang dianggap tidak mungkin untuk mengujungi kembali website atau app dalam jangka waktu 7 hari.

Baca juga: Google Larang Iklan Spyware dan Stalkerware untuk Mata-Mata

Dari metrik tersebut, ada dua jenis prediksi audiens yang bisa digunakan:
  • Audiens dengan probabilitas pembelian: dimana kemungkinan pengguna akan membeli barang dalam jangka waktu 7 hari, baik pengguna yang pernah mengunjungi website/apps atau pengguna yang baru pertama kali berkunjung.
  • Audens dengan probabilitas churn: kemungkinan menjadi pembeli atau pengguna churn (tidak kembali atau tidak mengunjungi website/aplikasi sama sekali) dalam jangka waktu 7 hari.

Contoh penggunaan Purchase Probability dari berbagai strategi pemasaran dengan modul Analysis. Foto: Google

Gunakan modul Analysis dengan menggunakan metrik prediktif di atas untuk mendapatkan laporan mengenai metode pemasaran mana yang membuat pengguna tertarik untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Nearby Share, Fitur AirDrop untuk Android

Meskipun prediksi semacam ini bukan hal yang baru pada Google Analytics, update yang baru ini menyediakan opsi yang lebih banyak dan fleksibel.

Google menyebutkan metik baru ini akan tersedia dalam beberapa minggu lagi. Untuk menggunakannya, pengguna perlu melakukan pembelian atau menggunakan properti pada App+Web.

(im)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar