Google Akuisisi Fitbit Senilai Rp 29,4 Triliun

Kemala Putri . November 02, 2019
Fitbit
Foto: The Quint
Teknologi.id - Google resmi mengakuisisi perusahaan produsen wearable, Fitbit senilai USD 2,1 miliar atau setara dengan Rp 29,4 triliun. Kabar tersebut diumumkan Rick Osterloh, Senior Vice President Device and Services Google melalui blog resmi mereka. Ia mengungkapkan bahwa akusisi ini memberikan peluang untuk menghadirkan perangkat wearable buatan Google lebih banyak lagi ke pasaran. Setelah mengakuisisi Fitbit, otomatis Google ikut terjun ke bisnis wearable (gelang pintar dan smartwatch/jam tangan pintar) yang saat ini didominasi oleh kompetitor seperti Apple dan Xiaomi.

Baca juga: Fitur Fingerprint Lock Kini Hadir di WhatsApp Android, Begini Cara Mengaktifkannya

Berdasarkan data IDC pada kuartal kedua 2019 Xiaomi menguasai 17,3% market share dan diikuti Apple dengan 14,8%. Fit bit sendiri berada di urutan keempat dengan pangsa pasar 10,1%. Posisinya berada di bawah Huawei yang memiliki market share 14,1%. Sementara di urutan kelima ada Samsung dengan market 9,4%. "Dengan sumber daya Google dan platform-nya yang mendunia, Fitbit akan bisa mempercepat inovasi di bidang wearable, berkembang lebih cepat, dan menjadikan kesehatan bisa diakses oleh siapa saja," kata Co-founder sekaligus CEO Fitbit, James Park. Meski telah menelurkan produk hardware seperti smartphone Pixel, namun hingga kini Google belum memiliki portofolio perangkat jam tangan atau gelang pintar. Google diketahui memang sebelumnya pernah membuat peranti wearable seperti Google Glass, namun tidak sampai dipasarkan. Sistem operasi WearOS yang dibuat Google juga kalah jauh dibanding Fitbit, Fossil, dan Samsung. Fitbit sendiri menjadi salah satu pinoir di ranah fitness tracker, dan pernah mendominasi.

Baca juga: Rilis Fitur Baru, WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Notifikasi Pesan Mute

Berdasarkan perjanjian akusisi, Fitbit akan bergabung dan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Meskipun telah menjadi bagian dari Google, Fitbit memastikan data kesehatan yang dikumpulkan oleh mereka akan sepenuhnya dirahasiakan dan tidak akan digunakan untuk kepentingan iklan Google. Selain itu, Fitbit dalam pernyataan tertulisnya menyatakan bahwa mereka berkomitmen terhadap privasi data, dan akan tetap transparan soal data apa saja yang mereka kumpulkan, dan untuk apa. (dwk)
author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar