Gojek Masuk Daftar 20 Perusahaan Pengubah Dunia Versi Fortune

gojek masuk
Foto: CNBC Indonesia

Teknologi.id – Setelah pada tahun 2017 menempati peringkat 17, kini Gojek kembali masuk ke dalam daftar perusahaan yang dinilai mengubah dunia versi majalah Fortune alias Fortune’s Change the World tahun 2019. Dalam daftar tersebut, Gojek menduduki peringkat 11 dari 52 organisasi internasional.

Peringkat ini berhasil diraih lewat inovasi GoPay yang dinilai telah mentransformasi percepatan inklusi finansial dan ekonomi digital di Indonesia. Pencapaian ini menjadikan Gojek sebagai satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang menembus Fortune’s “Change the World” sebanyak dua kali.

Baca juga: Menpora Beri Lampu Hijau, Gojek Buka Peluang Ekspansi ke Malaysia

“Kami bangga dapat kembali menerima penghargaan atas perwujudan visi misi Gojek untuk memecahkan permasalahan sehari-hari dan memberdayakan banyak orang dengan menggunakan teknologi,” ujar Nadiem Makarim, CEO dan Founder Gojek, dalam siaran pers.

Sementara itu, CEO GoPay Aldi Haryopratomo mengatakan GoPay memang telah berkembang pesat sejak meluncur pertama kali pada 2016 silam.

“GoPay telah berkembang pesat, yang tadinya hanya cara mudah dan aman bagi mitra driver untuk menerima pembayaran, hingga sekarang menjadi jembatan bagi mitra driver dan rekan usaha untuk mengakses KPR subsidi, tabungan pendidikan, asuransi kesehatan bahkan tabungan Umroh,” kata Aldi.

Aldi mengklaim saat ini Gopay menjadi alat pembayaran digital terbesar di Indonesia dan 90 persen rekan usahanya merupakan pedagang kecil.

Empat kriteria

Fortune dalam membuat daftar untuk penghargaan ini berlandaskan pada empat kriteria, yaitu dampak sosial yang terukur, hasil bisnis, tingkat inovasi, dan integrasi perusahaan. Penilaian ini diputuskan Fortune bersama Shared Value Initiative, sebuah platform solusi bisnis berdasarkan tantangan di masyarakat, dan FSG, firma konsultasi nirlaba yang fokus pada dampak sosial.

Penghargaan ini menyoroti peranan GoPay, sebagai platform pembayaran digital Gojek yang telah berhasil mendorong perekonomian digital di Indonesia. Kehadiran GoPay dianggap memperluas akses finansial bagi jutaan masyarakat Indonesia dengan 64 persen populasinya tidak memiliki rekening bank.

Baca juga: Tak Hanya di Gojek, GoPay Akan Terus Rambah Transportasi Umum

Berdasarkan laporan Fortune, total transaksi yang dilakukan lewat Gopay sudah lebih dari 6 juta dolar AS. Di samping itu, GoPay juga memberikan bantuan serta fasilitas pinjaman bagi sekitar 130.000 pengusaha mikro.

Gojek sendiri saat ini sedang terus memperluas jangkauan bisnisnya. Untuk ekspansi di Asia Tenggara, Gojek telah hadir di tiga negara, yaitu Vietnam dengan nama Go-Viet, Thailand dengan nama GET, dan Singapura tetap menggunakan nama Gojek.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending