Games, Aplikasi yang Paling Rentan Terkena Serangan DDoS

Serangan DDoS atau Distributed-Denial-of-Service merupakan serangan terhadap komputer atau server di dalam jaringan internet sehingga membuat komputer atau server tidak bisa bekerja dengan baik. Dampak dari sebuah serangan DDoS adalah jaringan yang tidak bisa diakses (melambat atau kehilangan data) dengan penyerang yang menyerang menggunakan lebih dari satu alamat Internet Protocol (IP) sehingga sulit untuk diidentifikasi.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada, aplikasi permainan atau games lah yang paling rentan terkena serangan ini. Menurut data dari Akamay Report, sebanyak 79% dari total serangan DDoS pada triwulan IV 2017 ditujukan untuk aplikasi permainan. Aplikasi lainnya seperti telekomunikasi serta jasa finansial juga menunjukkan peningkatan pada kuartal akhir 2017 dengan angka yang masing-masing meningkat dua kali lipat dari sebelumnya menjadi 6% dan 4%.

Kerugian yang diakibatkan oleh serangan ini tidaklah sedikit. Serangan ini dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan baik secara operacional maupun finansial. Berdasarkan survei dari B2B International yang bekerja sama dengan Kaspersky Lab yang berjudul Global Corporate IT Security Risks 2015, satu serangan DDoS pada sumber daya daring (online resource) perusahaan dapat menyebabkan kerugian finansial mulai dari US$53-417 ribu. (nks)

Sumber: Katadata.co.id, Akamay Report.

Baca juga: Inilah 7 Aplikasi Teraneh yang Tidak Pernah Kamu Sangka Ada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *