Gaet Startup, Telkom Gaungkan Indonesia Bergerak Lawan COVID-19

Sutrisno Zulikifli . April 21, 2020

Indonesia Bergerak (Foto: Telkom Indonesia)


Teknologi.id - Lewat empat perusahaan ritisan (startup) binaannya, PT Telkom Indonesia Tbk menggaungkan "Indonesia Bergerak" untuk melawan virus Corona (COVID-19). Keempat startup itu meliputi Kata.ai, Qiscus, Volantis, dan Qlue.

Indonesia Bergerak adalah website yang menyajikan perkembangan informasi dan data perihal pasien corona secara terbarui (up to date), serta daerah penyebarannya.

BACA JUGA: Analis Sebut 2 Miliar Ponsel Tak Bisa Gunakan Aplikasi Pelacak COVID-19 Milik Google-Apple

Kata.ai yang menyediakan chat bot platform, Qiscus sebagai platform aplikasi chat untuk komunikasi internal organisasi, Volantis sebagai pengolah data (big data) yang menyajikan data persebaran Covid-19 serta Qlue yang menghadirkan fitur pelaporan warga.

Direktur Portfolio MDI Ventures, Sandhy Widyasthana menyatakan, Indonesia Bergerak diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan informasi bagi semua pihak maupun pengambil kebijakan dalam usaha menangani Covid-19.

“Indonesia Bergerak merupakan perwujudan kontribusi nyata TelkomGroup, MDI Ventures, beserta perusahan startup digital di Indonesia bagi masyarakat Indonesia, dari Indonesia dan untuk Indonesia,” ujarnya, dalam rilis yang disampaikan ke media, pada Selasa (21/4/2020).



Startup lain yang akan menyusul dalam kerja sama ini yakni Paket.id, Alodokter, Opsigo, dan PrivyID. Lewat platformnya, startup ini menawarkan sejumlah solusi bagi masyarakat dalam menghadapi COVID-19 dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang berlaku saat ini.

Aplikasi Alodokter sebagai platform chatting dengan dokter, Paket.ID sebagai platform delivery service, Opsigo sebagai aplikasi untuk mengetahui ketersediaan kamar-kamar di rumah sakit yang bisa menampung pasien Covid-19, dan PrivyID sebagai platform tanda tangan digital yang membantu proses operasional perusahaan di masa work from home (WFH).

BACA JUGA: Facebook Segera Rilis Aplikasi Game Streaming Baru

Tak sekadar informasi, masyarakat juga dapat melaporkan berbagai kejadian yang perlu disampaikan untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah maupun aparat berwenang melalui website ini.

Adapun hal-hal yang bisa dilaporkan antara lain, jika terjadi kerumunan, kelangkaan perlengkapan medis, dan kebutuhan bantuan darurat bagi penanganan pasien COVID-19.

(sz)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar