Fitur Baru Play Store, Beri Saran Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Fitur Baru Play Store, Beri Saran Hapus Aplikasi Tak Terpakai
Foto: engadget

Teknologi.id – Google dikabarkan akan segera merilis fitur baru play store yakni berupa rekomendasi aplikasi untuk dihapus.

Dengan adanya fitur ini, Google Play Store akan menyodorkan daftar aplikasi apa saja yang jarang dipakai oleh pengguna dan memberikan opsi untuk menghapusnya (uninstall). 

Google Play Store unused app removal suggestions
Foto: xanjero

Fitur ini bertujuan untuk menambah longgar memori penyimpanan internal smartphone Android pengguna.

Baca Juga: Google Segera Ungkap OS Fuchsia, Sistem Operasi Generasi Terbaru

Fitur ini pertama kali dijumpai oleh situs berbahasa Belanda, Android World. Notifikasi akan muncul dengan tulisan “Remove unused apps for extra storage”.

JIka pengguna menekan notifikasi tersebut, maka akan muncul daftar aplikasi yang jarang dipakai. Masing-masing aplikasi dalam daftar memiliki deskripsi, begitu juga informasi kapan terakhir dibuka.

Dari sini, pengguna bisa memilih aplikasi mana yang bisa di hapus. Kemudian, Google Play Store akan menghitung berapa jumlah memori penyimpanan yang bisa dikosongkan..

Baca Juga: Google Maps Berteknologi AR Diluncurkan ke Perangkat Pixel

Fitur ini diharapkan Google bisa membantu mengosongkan memori ponsel Android yang mulai penuh. Namun belum diketahui kapan Google akan merilis secara resmi fitur ini untuk semua pengguna Android.

Selain itu, belum diketahui berapa lama sebuah aplikasi tidak digunakan sebelum akhirnya masuk dalam kategori jarang dipakai.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *