Disney Kembangkan Paintcopter, Drone Pelukis Pengganti Tangga

Paintcopter ciptaan Disney. Kredit : disneyresearch.com

Teknologi.id – Sebuah drone penyemprot cat yang dikenal sebagai ‘Paintcopter’ dapat menggambar desain yang rumit pada dinding dan objek 3D. Drone ini membantu dekorator mewarnai titik-titik yang sulit dijangkau dan menghilangkan kebutuhan untuk tangga dan perancah. 

Dikembangkan oleh Disney, drone otonom dilengkapi dengan pistol cat semprot dan menggunakan kamera untuk mencari tahu dimana harus menggambar. 

Percobaan sejauh ini menunjukkan kemampuan drone untuk menghasilkan gambar garis sederhana seperti beruang dan gunung serta pewarnaan di seluruh bagian dinding. 

Produk ini masih dalam pengembangan tetapi dapat melakukan tugas-tugas berketerampilan rendah seperti memberi warna pada bagian-bagian dinding.

Paintcopter memiliki pistol semprotan cat yang dipasang di salah satu lengannya dan ditambatkan ke sumber cat eksternal.

Pasokan cat yang konstan adalah perbaikan dari model sebelumnya yang harus secara teratur diisi ulang dengan mengoleskan spons yang diisi dengan tinta.  

Drone ini juga terpasang pada kabel listrik, memungkinkannya untuk melakukan tugas yang panjang dan rumit tanpa gangguan.

Menggunakan sensor kamera, drone menangkap model 3D dari permukaan target dan melakukan pekerjaan pengecatan berdasarkan desain yang diprogram.  

Dalam satu contoh, ‘paintcopter’ menggambar garis luar Matterhorn, sebuah gunung Alpen di perbatasan antara Swiss dan Italia.

Para peneliti mengatakan drone memiliki potensi untuk memberikan ‘tampilan yang akurat, berbiaya rendah, serta sebagai pengganti peranca dan tangga’.

‘Pekerjaan ini membahas operasi yang lebih canggih yang mengemban tugas dasar, termasuk lukisan pada struktur 3D, dan lukisan tekstur yang diinginkan,’ kata mereka. 

Berikut ini video dari Paintcopter :

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *