Cegah Virus Corona dengan Rajin Bersihkan Ponsel, Begini Caranya

Teknologi.id . March 02, 2020

Cegah Virus Corona

Foto: Business Insider Singapore

Teknologi.id - Dibandingkan memakai masker, rupanya membersihkan ponsel dinilai lebih efektif untuk meminimalkan penyebaran virus corona (COVID-19).

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak.

Ia menyebut penggunaan masker untuk mencegah penularan belum tentu efektif, pasalnya tidak ada bukti bahwa virus corona bisa menular lewat udara. Ia pun menyarankan masyarakat lebih rajin mencuci tangan, mencuci benda-benda pribadi dengan sabun atau alkohol dan membersihkan ponsel mereka.

Baca juga: Miris, Developer Ini Ciptakan Mata Uang Digital "CoronaCoin" di Tengah Kekhawatiran Dunia

"Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker (untuk menghindari virus) bukan jadi hal yang paling penting," ujar Mak.  

Ponsel memang menjadi barang yang paling sering disentuh seseorang dengan rata-rata lebih dari 2.000 kali sentuhan dalam sehari. Tak heran jika ponsel juga disebut sebagai barang paling kotor yang dimiliki seseorang.

Berbagai penelitian terdahulu memang telah menemukan bahwa ponsel mengandung lebih banyak kuman daripada kursi toilet. Beberapa ahli bahkan menyebut ponsel mengandung hingga 10 kali lebih banyak kuman dibanding toilet. 

Cara bersihkan ponsel

Menurut sebuah studi pada 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman. 

Selain itu, menurut peneliti dari American Association for Laboratory Animal Science cara membersihkan ponsel yang paling baik adalah dengan menggunakan larutan alkohol yang efektif untuk membunuh kuman.

Untuk membersihkan ponsel dengan alkohol, campurkan alkohol dan air dengan perbandingan 40:60. Gunakan kain mikrofiber, kapas kering, atau kapas yang dibasahi alkohol untuk mengusap layar ponsel hingga benar-benar tersapu bersih seluruh area.

Baca juga: Mantan CEO Google Prediksi Teknologi China Akan Lampaui Silicon Valley

Sedangkan untuk bodi ponsel, jangan langsung menyemprotkan larutan alkohol ke bodi ponsel, karena dapat meninggalkan bekas. 

Sebagai gantinya gunakan tisu anti-bakteri yang dapat digunakan untuk membersihkan bodi ponsel. 

Jangan menggunakan pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus rias, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka untuk membersihkan ponsel karena dapat merusak layar.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya