Cegah Penyebaran COVID-19, Universitas di Jepang Gelar Wisuda Pakai Robot

abdurrahmansaleh . April 08, 2020

robot

Robot Newme. Foto: The Guardian

Teknologi.id - Wisuda merupakan rangkaian kegiatan terakhir mahasiswa dalam menyelesaikan proses pendidikannya di universitas. Lantas bagaimana jadinya jika jadwal wisuda telah tiba namun bertepatan dengan mewabahnya virus berbahaya COVID-19?

Sebuah universitas di Jepang, Business Breakthrough (BBT) University menyiasatinya dengan menggelar wisuda secara online menggunakan robot presensi jarak jauh (telepresence) yang diberi nama Newme.

Baca Juga: Awas, Aplikasi Corona Abal-abal Ini Incar Duit Anda

Robot tersebut berperan layaknya seorang wisudawan sungguhan dengan menempatkan roda pada kaki robot sehingga mampu berjalan dengan baik. Pada bagian atas robot diberi tablet untuk menampilkan wajah wisudawan asli yang berada dirumah. 

Foto: Reuters via The Sun

Untuk bisa menampilkan wajah para peserta wisuda, tablet itu menggunakan aplikasi telekonferensi Zoom, sehingga para wisudawan bisa bergabung ke sebuah ruangan virtual dan menampilkan wajahnya di layar perangkat tersebut.

Selain itu robot juga dilengkapi semacam sandaran yang berfungsi sebagai tangan. Ketika robot membawa ijazah dan berjalan berbaris terlihat seperti manusia sungguhan apalagi mengenakan pakaian toga.

Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, LIPI dan Tel-U Kembangkan Robot Disinfektan

President dan CEO ANA Holdings selaku pengembang robot Newme, Shinya Katanozaka mengatakan bahwa ANA memiliki visi untuk mengandalkan teknologi robot, virtual reality (VR), augmented reality (AR), serta artificial intelligence (AI) untuk mengubah cara manusia berinteraksi.

Robot Newme pun tidak hanya berguna untuk menghadiri upacara kelulusan, tapi juga bisa difungsikan jika ingin melakukan perjalanan tanpa keluar rumah.

Tahun lalu, ANA Holdings mengungkap akan menggunakan robot Newme ini untuk memungkinkan masyarakat melakukan perjalanan jarak jauh tanpa perlu secara langsung melakukannya.

(Rmn)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar