Canggih! Fitur Siri di iPhone Bisa Bantu Diagnosa Awal Gejala COVID-19

merindafaradianti . March 24, 2020

Gejala COVID-19

Foto: New York Post


Teknologi.id - Baru-baru ini Apple telah menghadirkan update baru untuk asisten digital Siri di iOS. Kini pengguna iPhone bisa menanyakan Siri tentang gejala penderita virus Corona dan apakah pengguna terserang virus Corona atau tidak.

Jika pengguna bertanya 'Hey Siri, do I have the coronavirus?', selanjutnya Siri akan mengajukan beberapa pertanyaan berupa tanda-tanda gejala dari COVID-19.

Baca Juga: Resmi Rilis di Indonesia, Begini Spesifikasi Oppo A91 Beserta Harganya

Pertama dimulai dari pertanyaan apakah pengguna mengalami gejala demam, batuk, dan gangguan pernapasan. Pertanyaan selanjutnya mengenai apakah pengguna melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19. Dalam menjawab pertanyaan ini, pengguna hanya perlu menjawab dengan ‘Ya’, ‘Tidak’, atau ‘Tidak Yakin’.

Setelah itu, berdasarkan jawaban 'Ya' dan 'Tidak', Siri akan mencoba membimbing pada langkah-langkah potensial berikutnya.  

Jika pengguna menjawab 'Ya', Siri akan menanyakan apakah gejala pengguna parah atau mengancam jiwa dan kemudian akan meminta Anda untuk menelepon 911.

Jika pengguna mengatakan gejala mereka hanyalah gejala ringan, Siri akan memberikan instruksi untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain. Jika kondisi yang dialami semakin parah, Siri akan menyarankan untuk menghubungi fasilitas kesehatan.

Baca Juga: WHO Rilis Chatbot WhatsApp yang Bisa Ditanya Soal COVID-19

Apple mengatakan, respons yang diberikan Siri mengacu pada guidelines dari US Public Health dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, CDC.

Untuk diketahui, fitur baru Siri ini disebut baru bisa digunakan oleh pengguna di Amerika Serikat (AS) dan belum ketahui secara pasti apakah fitur ini akan diluncurkan secara global.

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar